September 18, 2021
7 Objek Wisata Gunung Rinjani di Pulau Lombok BALIPOST.com

7 Objek Wisata Gunung Rinjani di Pulau Lombok

7 Objek Wisata Gunung Rinjani di Pulau Lombok

7 Objek Wisata Gunung Rinjani di Pulau Lombok
BALIPOST.com

Objek Wisata Gunung Rinjani – Rinjani adalah nama sebuah gunung di pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat (Bandung) dan sangat populer di kalangan wisatawan. Sungai Rinjani berada 3.726 m di atas permukaan laut dan dikenal sebagai gunung tertinggi ketiga di Indonesia.

Gunung yang berdiri kokoh menghadap ke Lombok Timur ini terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang indah dan subur, di mana terdapat wisata alam yang menarik. Gunung Rinjani merupakan salah satu destinasi panjat tebing bagi para pendaki di dalam dan luar negeri. Gunung Rinjani (Gunung Rinjani) memiliki medan yang terjal dan medan yang beragam, serta merupakan salah satu gunung yang paling sering dicari pendaki. Selain itu, ternyata Gunung Rinjani juga memiliki pesona yang membuat ketagihan.

1. Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti
Kmstour.com

mountgayrumroundbarbadosrace – Wisatawan kerap menyebut Tiu Kelep dan Sendang Gile sebagai lokasi air terjun terindah di kaki Gunung Rinjani. Namun yang jelas ada lokasi air terjun lain yang menarik di tempat ini yaitu Air Terjun Mangku Sakti.

Tempat ini terletak di Desa Saja, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Untuk mengunjungi lokasi Air Terjun Mangku Sakti, Anda bisa menuju Mataram melalui dua jalur (Lombok Utara dan Lombok Timur).

Untuk mencapai lokasi para wisatawan, karena medan yang sangat terjal maka perlu menghadirkan tantangan berjalan melalui hutan kepada para wisatawan. Saat sampai di Desa Sajang, masih ada jalan tanah sepanjang 4 km. Di sepanjang jalan tanah ini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan rumah hunian, taman komunitas dan sabana.

Mangku Sakti merupakan salah satu sumber air terjun yang berasal dari Kokok Putek. Hulu Kokok Putek sendiri berasal dari Danau Saqqara. Air di tempat ini berwarna hijau Tusca karena kandungan belerang yang dimilikinya. Pengunjung biasanya menghabiskan waktunya dengan mandi di tempat ini karena dipercaya berkhasiat mengobati berbagai penyakit kulit.

Ketinggian air terjun di tempat ini mencapai 40 meter. Besarnya drainase menyebabkan kolam di sekitarnya memiliki kedalaman 2 hingga 4 meter. Bagi yang pandai berenang, tak ada masalah mencoba terjun ke kolam melalui bebatuan di sekitarnya.

Air Terjun Mangku Sakti merupakan tempat yang ideal bagi para pecinta kecantikan. Perpaduan antara air urg’s dan keindahan bebatuan di sekitarnya dapat menghilangkan rasa penat. Musim kemarau adalah waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi alam ini. Pasalnya, pada musim hujan, air di tempat itu menjadi keruh dan semakin sulit untuk masuk ke tempat itu.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata di Sekitar Gunung Lawu

 

2. Air Terjun Tiu Kelep

air-terjun-Tiu-Kelep-1
Datu Lombok Tour

Meski Lombok sangat populer di Kepulauan Gili, Taman Nasional Lingani tetap kokoh menguasai pemandangan eksotis. Terkadang, cobalah untuk lebih dekat ke puncak gunung daripada mencapai puncak, cukup berjalan di sekitar pintu masuk. Kedua pesona air terjun tersebut siap memanjakan Anda.

Jika Air Terjun Sendang Gile seperti menu start, maka Air Terjun Tiu Kelep selalu sempurna dan bisa mengejutkan siapa pun. Datang! Persiapkan segalanya, termasuk banyak kebahagiaan. Tiba di Desa Senaru, Kabupaten Lombok di bagian utara Nusa Tenggara Barat.

Air Terjun Tiu Kelep (bahasa Bulenya) merupakan tempat wisata alam yang terletak di kaki Gunung Rinjani. Bersama Sendang Gile, air terjun setinggi 42 meter ini melengkapi pesona alam Desa Senaru yang merupakan salah satu dari dua jalur pendakian paling populer ke Gunung Rinjani.

Dalam bahasa Sasak, Tiu artinya kolam renang, dan Keele artinya terbang. Tiu Kelep itu kolam terbang, apa maksudnya? sombong.

Anda memang berencana untuk mengunjungi Tiu Kelep, namun Anda harus mampir dulu di Sendang Gile. Pastikan Anda minum minuman panas, tetapi tetap memercikkan air, atau menikmati pemandangan dan udara sejuk.

Persiapkan tenaga Anda dan menuju Tiu Kelep selama kurang lebih 45 menit hingga 1 jam untuk menjelajahi hutan. Cara terbaik adalah menyewa pemandu lokal, terutama jika tidak ada yang menghadiri pesta Anda.

Petualangan ini akan membawa Anda ke dalam hutan hujan yang sejuk yang dinaungi oleh pepohonan besar. Bersiaplah untuk menaiki tangga dan melintasi jembatan beton yang cukup tinggi. Anda perlu berhati-hati karena jembatan yang sebenarnya berupa kanal hanya memiliki pagar di satu sisinya.

Mungkin ada hewan sebelum Anda akhirnya menyeberangi sungai berbatu. Pastikan untuk tidak menginjak batu besar karena licin. Tantangan perjalanan bisnis tidak sesingkat dan semudah saat penulisan, jadi waspadalah.

Air di Tiu Kelep sangat dekat dengan hotel, bahkan jika mencapai 20 meter sebelum sampai ke lokasi anda akan memercik. Tebing terjal yang diselimuti tanaman hijau subur perlahan muncul hingga Anda kaget mendengar suara air yang selalu bisa memuaskan hasrat berwisata siapa pun.

Untuk mencapai Tiu Kelep, Anda harus mendaki dari Sendang Gile setidaknya selama 45 menit. Sementara itu, dibutuhkan waktu setidaknya 15 menit untuk mencapai Sendang Gile, pintu masuk ke Tempat Pendakian Rinjani di Desa Senaru. Jadi mulailah ke desa.

Dari Mataram, dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam berkendara menuju Desa Senaru. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa memilih jalur Lendang Bajur di Gunung Sari. Jalur transportasi ini akan melewati kawasan hutan Baun Pusuk dan langsung sampai di Desa Senaru.

3. Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan
sewa mobil di lombok

Dulu saya hanya melihat foto-foto yang beredar di dunia maya, hingga akhirnya saya jadi penasaran. Pergasing Hill sempurna.

Pergasingan merupakan salah satu kawasan perbukitan di Desa Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tempat ini sangat populer di media sosial karena keindahannya yang luar biasa dan menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Kebetulan pada tahun 2015 saya dan teman saya menginjakkan kaki di tempat ini untuk pertama kalinya, karena ini pertama kalinya kami menyewa porter sebagai pemandu dan membantu memindahkan beberapa barang dan perbekalan.

Bagi kami, ini adalah perjalanan yang memakan waktu dan tenaga. Hanya untuk mencapai Desa Sembalun, kendaraan roda dua akan berangkat dari Kota Mataram yang memakan waktu sekitar 2 jam. Kemudian kami sampai di puncak gunung, karena kami memiliki kekuatan fisik yang sedang dan jarang berolahraga, sehingga kami membutuhkan waktu berjalan santai dan istirahat sekitar 3 jam.

Jalur pendakian yang dibangun oleh penduduk setempat sangat memudahkan kita sebagai wisatawan pemula. Di beberapa titik, ada tempat di mana Anda perlu istirahat. Dari separuh jalur pendakian, kita sudah bisa melihat pemandangan Desa Senbaron dan lahan pertaniannya yang subur. Tertarik dengan tampilan atas?

Pengalaman pertama saya yang tak terlupakan di Bukit Pergasingan membuat saya ingin kembali lagi, dan saya sudah 5 kali ke tempat ini karena pemandangan dan suasana asri yang membuat saya betah.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman yang belum pernah ke Pergasingan, dan berjanji tidak akan menyesalinya. Karenanya, artikel ini dapat memberi saya kesempatan bagus untuk pergi ke Dubai. Ke mana pun saya ingin pergi, saya ingin melihat kota yang megah dan modern ini dengan mata kepala sendiri. Yang ingin saya lakukan adalah mengambil gambar di lingkungan perkotaan, kehidupan masyarakat, pemandangan alam, dll., Karena saya suka memotret. Tentunya ini akan menjadi momen yang sangat berharga.

4. Bukit Selong

Bukit Selong
wanderers & warriors

 detikTravel – Bukit Selong merupakan destinasi wisata populer di Desa Sembalun Lawang, Kabupaten Lombok Timur. Dari gunung itu, pesona Saturnus terlihat jelas. Siapa yang belum pernah mendengar nama Sembalun?

Desa yang terkenal dengan keindahan alamnya ini juga menjadi pintu gerbang menuju Gunung Rinjani yang terkenal di dunia di ketinggian 3.726 meter.

Jika traveller tinggal di Sembalun dan ingin menikmati pemandangan indah dari tempat tinggi tanpa bosan mendaki, maka sempatkanlah pergi ke Bukit Selong untuk menikmati pemandangannya yang menakjubkan. Pemandangannya sama menariknya dengan tempat wisata di Sembalen lainnya.

Rute menuju Bugis Long tidaklah sulit. Berangkat dari Jalan Sembalun Lawang, akan terdapat gang yang menunjukkan jalur menuju lokasi. Kemudian masuk ke desa setempat, berjalan melewati rimbunnya pepohonan bambu, dan tibalah saat traveler menemukan rumah adat di Desa Beleq.

Untuk mendaki ke puncak gunung pertama cukup menaiki tangga selama 2-5 menit. Cuma bila ingin melihat pemandangan lebih luas, traveler bisa naik lagi selama kurang lebih 10-15 menit menyusuri lintasan tanpa tangga. Capai puncak Gunung Sailong.

Dari puncak gunung ini tampak persawahan, perbukitan, rumah adat Desa Belek, Gunung Rinjani dan kawasan hijau perkampungan pemukiman terlihat asri. Pastikan setiap pengunjung dibekali dengan mata.

Tentunya saat cuaca cerah, semua pemandangan akan terlihat indah. Oleh karena itu jika ingin ke Bukit Selong harap memperhatikan cuaca agar tidak terjadi cedera.

5. Bukit Dandaun

Bukit Dandaun
Pedoman wisata

Tempat yang terletak di atas bukit dekat Gunung Rinjani ini, selama perjalanan mata anda akan dimanjakan oleh keindahan alam dan pepohonan yang selalu membuat anda kagum. Perbukitan dan sawah.

Setelah melewati bukit pertama, Anda akan sampai di lembah di atas bukit dan beristirahat selama beberapa menit. Tempat ini terasa sangat sepi dan sedikit sepi. Tidak ada binatang atau tanda-tanda kehidupan. Saat ini langkah Anda akan berteriak minta sapi. Setelah Anda berteriak dari semak-semak, beberapa sapi akan muncul. Saatnya Anda berteriak Semakin lama , semakin dekat mereka dengan Anda.

Dibandingkan dengan jumlah sapi dalam karakter Tionghoa, ratusan sapi di gunung pertama masih belum ada apa-apa, Karakter Tionghoa adalah salah satu tempat pemandangan terindah di gunung, ditutupi dengan rerumputan hijau, di mana sapi tidak hanya mencari makan. Tempat ini juga memiliki hutan dan pepohonan purba, yang lebih menarik adalah pepohonan yang ditumbuhi berbagai jenis anggrek hutan, dan perjalanan anda pun selesai.

Baca Juga : Wisata Gunung Terindah Di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

6. Pusuk Sembalun

Pusuk Sembalun
Nativeindonesia.com

Halaman Pusuk Sembalun Darmawisata menjadi tempat terbaik untuk mengagumi keindahan paprika dari ketinggian. Hal ini dikarenakan letak tema wisata berada 1. 250 meter di atas permukaan laut.

Ketinggian tempat wisata ini membuat udara disini sejuk. Tempat selfie di Taman Wisata Pusuk Sembalun menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

Dengan kemampuan terbaiknya, pengunjung akan terpesona oleh pemandangan Gunung Rinjani yang indah. Banyak perbukitan hijau, pepohonan rindang dan kabut menutupi seluruh lanskap.

Saat langit dan cuaca cerah, pemandangan Taman Pusuk Sembalun akan semakin epik dan peminatnya akan besar.

Taman wisata ini bisa dikatakan sebagai pintu gerbang pertama menuju kawasan wisata Linjani. Tempat wisata di perbukitan Gunung Regini.

Ada beberapa gazebo di mana Anda bisa menikmati pemandangan yang indah dan bersantai. Di dasar lembah, pengunjung bisa melihat pemandangan desa Sembalun dari atas. Ada monyet berkeliaran di sekitar taman. Keberadaan monyet ini membuat pemandangan alam di tempat ini semakin indah.

Spot selfie Taman Wisata Pusuk Sembalun berada di lereng Gunung Rinjani, tak jauh dari Jl. mt. DS Regini. Sembalun Bumbung, Kabupaten Sembalun. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Rute menuju Taman Wisata Pusuk Sembalun berangkat dari ibu kota Lombok atau Mataram. Wisatawan harus terlebih dahulu pergi ke Kabupaten Lombok Timur. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih 82 kilometer.

Ada dua jalur untuk mencapai kawasan taman wisata ini. Dari Mataram, jalur timur lebih cepat dan dekat. Lama perjalanan rute ini kurang lebih 2,5 jam. Namun jalur yang hanya berupa terasering (biasanya persawahan) ini tidak memberikan pemandangan alam yang menakjubkan.

Fasilitas terpopuler di Taman Wisata Pusuk Sembalun ini tentunya menjadi tempat yang sangat menarik dan mempesona untuk berfoto. Untuk fasilitas penunjang tersedia tempat parkir yang luas, WC umum dan warung makan. Penjaga juga bisa disediakan untuk menjaga taman wisata Pusuk Sembalun tetap aman dan rapi.

Pemandangan yang disediakan oleh Selfie Spot Pusuk Sembalun bisa meluluhkan pikiran. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan Lombok dari sisi lain (yakni dari ketinggian). Lokasi taman berada 1250 meter di atas permukaan laut, dan udaranya sangat sejuk.

Lakukan yang terbaik dan Anda akan mengagumi Gunung Rinjani yang tajam, deretan perbukitan hijau, dan pepohonan yang diselimuti kabut. Selain itu, jika langit cerah, pemandangan di sini pasti akan terlihat lebih epic dan mempesona.

Wisatawan yang kecanduan wisata dataran tinggi bisa mencoba aktivitas lain di dekat Taman Wisata Pusuk Sembalun. Bukit Selong berjarak kurang dari 9 km, semuanya berada di kaki Gunung Rinjani. Gunung ini memang menarik, namun sayangnya saya melewatkannya karena wisatawan bisa melihat pemandangan yang luar biasa disini.

Masih di kawasan Sembalun, objek wisata alam sejauh 23 kilometer dari hotel adalah Air Terjun Mangku Sakti. Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, namun beberapa daya tarik di air terjun ini begitu unik sehingga banyak pasangan yang memilih tempat ini sebagai tempat untuk foto pernikahan. Di air terjun ini pengunjung bisa menyegarkan diri seperti berenang dan bermain air.

7. Danau Segara Anak

Danau Segara Anak
wikipedia

Bagi pecinta gunung, Segara Anak Rinjani wajib dikunjungi. Keindahannya tak hanya menarik para pendaki Indonesia, tapi juga turis dari mancanegara. Sepotong surga di Rinjani ini juga memiliki cerita turun-temurun unik yang dipercaya benar adanya. Salah satunya mitos Segara Anak Rinjani tentang keberadaan tambang emas yang kaya.

Mitos Segara Anak masih dianut oleh masyarakat sekitar. Diyakini bahwa Segara Anak menyimpan sejumlah besar emas di dasarnya. Namun jarang, jika Anda tidak menginginkan bencana, tidak ada yang bisa menanggungnya.

Meski sebagian orang memilih untuk tidak mempercayainya, ada fakta unik seputar mitos Segara Anak. Fakta membuktikan bahwa dalam setiap upacara untuk memperingati leluhur dan dewa, masyarakat melakukan pelemparan emas ke Segara Anak.

Ritual ini disebut Mulang Pakelem, dan merupakan ritual yang mengharuskan dewi Anjani untuk menghujani dan mengurbankan, membunuh hewan dan membuang koin emas ke dalam danau dalam bentuk ikan-ikan kecil.

Mitos Segara Anak tentang keberadaan emas di dasar telaga mungkin ada benarnya. Mengingat upacara lempar emas ini memang dilakukan oleh masyarakat sekitar, tidak ada lagi yang berani mengambil emas.

Konon siapapun yang berani memenangkan koin emas akan langsung dikutuk. Atau menurut beberapa orang yang mencoba berenang emas jenis ini ke dalam telaga.

Tetapi setiap orang yang mencobanya selalu menghilang di tengah danau, dan tetap berada di tepi danau dalam keadaan linglung keesokan harinya. Mereka yang mencoba mendapatkan emas itu sepertinya berenang ke dalam danau, dan kemudian melupakan apa yang terjadi setelahnya.

Sekalipun mitos ini belum 100% terbukti benar, itu sudah cukup membuat kita menjadi penghambat. Agar selalu menghormati dan membatasi tingkah laku Anda saat bepergian ke luar negeri.

Share this: