July 26, 2021
7 Referensi Tempat Wisata di Kaki Gunung Rinjani

7 Referensi Tempat Wisata di Kaki Gunung Rinjani

Mountgayrumroundbarbadosrace.com – Gunung Rinjani merupakan suatu gunung yang terdapat di pulau Lombok di provinsi Nusa Tenggara Barat( Lombok). Gunung ini ialah gunung berkobar paling tinggi kedua di Indonesia, dengan ketinggian 3. 726 meter serta terdapat di 8º25 Panjang Timur serta 116º28 Lintang Utara, ialah gunung kesukaan pemanjat Indonesia sebab pemandangannya yang bagus. Gunung ini ialah bagian dari Halaman Nasional Gunung Rinjani serta luasnya dekat 41. 330 hektar, serta diusulkan buat ditingkatkan jadi 76. 000 hektar di bagian timur serta barat.

Lombok dinilai memiliki suasana alam dan eksotik yang sangat mempesona. Destinasi wisata bahari ini tidak hanya sangat indah, namun panorama ketinggiannya juga sangat menawan.Jika Anda ogah mendaki Gunung Rinjani karena terlalu lelah, Anda bisa menikmati berbagai tempat wisata alam di kaki gunung tersebut.Kawasan di kaki Gunung Regini menyuguhkan suasana sejuk dan panorama alam yang menakjubkan. Berikut ini adalah wisata tempat wisata alam di kaki gunung Rinjani untuk referensi anda.

7 Referensi Tempat Wisata di Kaki Gunung Rinjani

1. Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti merupakan salah satu air terjun yang tahan perawatan, airnya berwarna buram namun berwarna biru kehijauan. Ini karena adanya campuran belerang di air terjun.Air Terjun Mangku Sakti berasal dari Kokoq Puteq, dan airnya berasal langsung dari Danau Segara Anak di Gunung Rinjani. Air terjun ini pasti bisa membuat Anda betah, Anda bisa mandi, bermain air atau menjelajah pemandangan alam sekitar.Popularitas pariwisata Lombok yang semakin meningkat tidak hanya karena alam pantai dan pegunungannya. Lebih penting lagi, tampilan alami air terjun yang ada di pulau ini juga tidak kalah penting karena sering dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Air Terjun Mangku Sakti merupakan salah satu air terjun yang tidak pernah ada habisnya terutama saat hari libur.

Baca Juga : 6 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Wajib di kunjungi saat berlibur

Popularitas pariwisata Lombok yang semakin meningkat tidak hanya karena alam pantai dan pegunungannya. Lebih penting lagi, tampilan alami air terjun di pulau ini juga tidak kalah penting karena sering dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Air Terjun Mangku Sakti merupakan salah satu air terjun yang tidak pernah ada habisnya terutama saat hari raya.Tempat wisata air terjun sungguhan ini terletak di kaki Gunung Rinjani, cocok untuk Anda yang ingin menjelajahi pemandangan di sisi lain Lombok. Selain panorama alam yang mempesona, Air Terjun Mangku Sakti juga masuk dalam kategori tempat wisata yang terjangkau. Ya, pengelola hanya mengenakan biaya Rp10.000-Rp15.000.

Air Terjun Mangku Sakti terletak di Desa Sajang, Jalan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk menuju lokasi objek wisata. Jika titik awal Anda di Mataram, jaraknya kurang lebih 175 kilometer. Jika diubah menjadi satuan waktu, maka Anda membutuhkan 4 jam perjalanan untuk sampai ke sini.Objek air terjun Mangku Sakti ini terletak di kecamatan Sembalun. Artinya lokasi air terjun tersebut masih dalam satu subbagian bersama dengan Gunung Rinjani, tempat wisata populer lainnya di Lombok.

Bagi mereka yang berkecimpung dalam aktivitas alam, pasti sangat menarik untuk mengatur beberapa hari untuk mendaki gunung di ketinggian 3.726 meter ini.Setelah itu setelah melelahkan pendakian Rinjani dan turun ke Sembalun bisa mampir ke air terjun Mangku Sari. Di sini, Anda bisa bersantai dan menyembuhkan kepenatan fisik dan mental yang menghabiskan energi akibat perjalanan jangka panjang.

 

2. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep merupakan air terjun bertingkat setinggi 42 meter yang terletak di kaki Gunung Rinjani. Air terjun ini terletak di Desa Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.Air Terjun Tiu Kelep merupakan air terjun yang terletak di kaki Gunung Rinjani. Lokasinya dekat dengan Air Terjun Sintangir. Sebagai tempat terbuka, Sendang Gile merupakan tujuan wisata yang bagus karena letaknya yang dekat dengan pintu masuk. Saat Anda melangkah lebih jauh, Anda akan melihat pemandangan Tiu Kelep yang menakjubkan. Air terjun ini terkenal dengan keindahannya, tingginya mencapai 42 meter. Dalam bahasa Sasak air terjun berarti kolam renang “Tiu”, dan “Kelep” artinya terbang. Jika digabungkan, ini bisa berarti kolam renang terbang.

Ini karena gelembung beterbangan. Hampir sama dengan wisata air terjun lainnya, lokasinya juga jauh di pedalaman alami, dan nuansa alamnya sangat kentara. Ada lumut hijau dan tumbuhan hijau dimana-mana. Sangat cocok bagi yang ingin merasakan air terjun bernuansa alam. Selain itu lokasinya yang sangat dekat dengan tempat wisata lain di kawasan Gunung Rinjani sehingga layak untuk dikunjungi.Air Terjun Tikolup hampir sama dengan Gunung Rinjani dan Danau Saqqara Anak yang konon dikuasai oleh Dewi Anjani, dan juga terdapat mitos-mitos yang dipercaya oleh warga sekitar. Konon katanya berendam di air bisa bikin tubuh lebih segar.

Mencuci wajah atau mandi juga dianggap membuat Anda awet muda. Saat anda sampai di lokasi air terjun, akan ada tanda merah bertuliskan “Selamat Datang di Tiu Kelep”, menandakan bahwa anda sudah sampai di tempat tujuan. Tentunya kesan pertama dari air terjun ini adalah pemandangan sekitarnya. Anda bisa melihat hijaunya pepohonan, rerumputan hijau, lumut di mana-mana, bahkan bebatuan di sana sangat licin sehingga membuat orang merasa lebih natural. Anda bisa merasakan udara sejuk di sana, dan airnya sejuk dan segar. Oleh karena itu disarankan untuk membawa minuman hangat seperti kopi.

Sayangnya fasilitas yang disediakan Air Terjun Tiu Kelep belum ada. Anda hanya bisa melihat papan selamat datang dan air terjun itu sendiri. Tapi untuk masa depan, kami tidak tahu. Bicara soal fasilitas bisa kamu temukan di kawasan Air Terjun Sendang Gile tak jauh dari Air Terjun Tiu Kelep. Di sana, Anda bisa menemukan warung-warung kecil yang menawarkan minuman dan makanan. Bisa dikatakan Puncak Tikal bukanlah tujuan wisata utama di kawasan tersebut, karena terdapat tempat wisata yang bernama Gunung Rinjani. Oleh karena itu, di kawasan jalur menuju titik pendakian Gunung Rinjani, fasilitas seperti akomodasi, hotel, warung dan sarana transportasi dapat ditemukan.

Anda dapat mengunjungi Air Terjun Tiklup kapan saja, tetapi tidak disarankan pada malam hari. Bagi yang datang dari jauh dan berencana untuk bermalam, bisa menyewa hotel terdekat meski tidak terlalu dekat dengan air terjun. Harga akomodasi atau hotel tergantung pada ketersediaan. Sedangkan untuk tiket masuknya, Anda harus membayar biaya parkir Rp 10.000 dan Rp 5.000, lalu ikuti petunjuk pemandu menyusuri hutan untuk mencapai tujuan.Air terjun yang terletak di Bayan, Lombok Timur, Provinsi Gara Nusa Tenggara Barat, selengkapnya tepatnya di wilayah Gunung.

 

3. Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan di Lombok sungguh mempesona. Selain itu, bukit sejuk ini sering dijadikan sebagai tempat pemanasan sebelum mendaki Gunung Rinjani. Atau, misalnya jika jalur pendakian Gunung Rinjani ditutup, pendakian bisa diganti, padahal Gunung Rinjani terlihat sangat dekat dari bukit di ketinggian 1.700 meter. Oleh karena itu, bagi yang tidak bisa mendaki Gunung Rinjani, pendakian bisa menjadi obat yang jitu sebelum menerima puncak Rinjani yang sebenarnya.

Bukit Pergasingan tidak jauh dari Gunung Rinnjani, tepatnya di Desa Sembalun Lombok Timur. Jika ingin menuju bukit ini, dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dari kota Mataram sendiri menuju Desa Shengbalun. Setibanya di sana, Anda akan disambut: “Selamat Datang di Kawasan Wisata Bukit Pergasingan” Sesaat setelah pintu masuk, titik pendakian menuju Bukit Pergasingan dimulai.

Pendakian tidak sesulit mendaki gunung, meski harus sangat berhati-hati saat mendaki. Saat Anda mencapai puncak gunung, terdapat ratusan anak tangga untuk kenyamanan Anda, dan kemudian mendaki di sepanjang jalan tanah berbatu. Harap berhati-hati, karena jalur dengan kemiringan 60-70 derajat akan menemui tantangan Anda.Untuk memulai petualangan di Bukit Pergasingan, Anda harus membayar tiket pengelola Pergasingan Hill sebesar Rp15.000. Harga tiket pun tidak terlalu mahal, apalagi hasil penjualan tiket akan efektif digunakan Pengelola pariwisata baru di Lombok adalah pemuda lokal yang tergabung dalam Sembalun Development Community Center (SCDC). Nantinya, uang tiket Anda akan digunakan dengan bijak untuk melindungi gunung untuk pemeliharaan.

Gunung ini bisa dikatakan sebagai salah satu tempat wisata di Lombok terkeren. Pasalnya, pemandangan yang bisa disaksikan dalam proses pendakian ke puncak gunung sangat beragam. Misalnya yang paling keren adalah persawahan dengan pola kotak-kotak, Gunung Rinjani yang kokoh, desa Sembalun yang damai hingga pemandangan perbukitan yang indah.Untuk memulai petualangan di Bukit Pergasingan, Anda harus membayar tiket pengelola Pergasingan Hill sebesar Rp15.000. Harga tiket pun tidak terlalu mahal, apalagi hasil penjualan tiket akan efektif digunakan Pengelola pariwisata baru di Lombok adalah pemuda lokal yang tergabung dalam Sembalun Development Community Center (SCDC). Nantinya, uang tiket Anda akan digunakan dengan bijak untuk melindungi gunung untuk pemeliharaan.

Gunung ini bisa dikatakan sebagai salah satu tempat wisata di Lombok terkeren. Pasalnya, pemandangan yang bisa disaksikan dalam proses pendakian ke puncak gunung sangat beragam. Misalnya yang paling keren adalah persawahan dengan pola kotak-kotak, Gunung Rinjani yang kokoh, desa Sembalun yang damai hingga pemandangan perbukitan yang indah.Perlu diketahui bahwa Bukit Pergasingan terletak di ketinggian 1700 Marsri, sedangkan Desa Sembalun sendiri sekitar 1100 Marsri. Sebab, ketinggian yang harus Anda daki hanya sekitar 600 meter. Apakah itu mudah?

Memang pendakian gunung ini tidak terlalu berat, untuk pendakian biasa dibutuhkan waktu berjalan sekitar 2-3 jam. Oleh karena itu mendaki Bukit Pergasingan sangat cocok untuk orang yang ingin naik Rinjani.

 

4. Bukit Selong

Bukit Selong merupakan wisata Sembalun paling populer di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, tidak hanya menawarkan pemandangan alam terbuka, tetapi juga sejarah dan budaya di Bukit Selong Fitur juga menjadi pilihan terbaik bagi wisatawan.Ketinggian Gunung Selong adalah 1.800 mdpl. Meski begitu, jalan menuju Bukit Selong Sembalun mudah dijangkau karena sudah ada beberapa anak tangga untuk memudahkan trekking wisatawan.

Bukit Selong terkenal dengan wisata Sembalun nya, dari sudut lain anda bisa menikmati pemandangan Gunung Rinjani yang indah. Saat berada di Bukit Selong, Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan Gunung Rinjani yang sangat indah.Pesona pertama dari tempat wisata Bugislow adalah pemandangan khas pemandangan alam sekitarnya yang sangat cocok sebagai background untuk selfie, sedangkan jalan menuju Bugislong Sembalun didominasi oleh suasana alam yang masih asri. Setelah beberapa langkah, pengunjung akan sampai di tempat terindah di Bugislong.

Pengunjung akan disuguhi pemandangan hamparan hamparan sawah yang luas, dengan kemuliaan Gunung Rinjani yang legendaris sebagai latar belakangnya. Status taman wisata merupakan salah satu penanda keindahan alam yang ada di sekitarnya, dan sudah menjadi daya tarik utama para wisatawan.Tidak ingin mengikuti perkembangan zaman. Ternyata terdapat dek observasi di puncak Bukit Selong.Sebagai objek wisata modern, Anda bisa mengabadikan momen indah tempat tersebut, dan tak lupa menikmati sunset di Bukit Selong. Tentunya perasaan sunset di gunung akan berbeda dengan sunset di pantai.

Dari Mataram, Anda bisa mencapai lokasi Bukit Selong dalam waktu 2,5 jam. Usahakan berangkat dari Mataram jam 6 pagi agar pemandangan Rinjani tidak tertutup kabut. Bukit Selong terletak di Taman Wisata Pusuk Sembalun, belum ada pengaturan yang jelas mengenai jam buka atau jam kerja Bukit Selong. Oleh karena itu, dapat dikatakan buka 24 jam seminggu.Harga tiket masuk kawasan Bugislong adalah Rp3.000 untuk wisatawan lokal dan Rp15.000 untuk wisatawan mancanegara, tarif parkir sepeda motor Rp2.000, dan mobil Fasilitas pendukung yang memadai. Di kawasan ini terdapat toilet, area parkir yang luas, warung makan, kedai kopi dan area camping. Lalu ada tempat duduk dan tempat untuk berfoto di gunung.

 

5. Bukit Dandaun

Gunung Dandaun merupakan tempat wisata baru yang ada di desa sembalun, namun guys, pemandangan gunung dandaun seindah pemandangan sebuah bukit yang pergasingan. Bukit Dandaun ini terletak disebuah Desa yang bernama Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.Jika sampai di puncak Bukit Dandaun, Anda akan dimanjakan dengan keindahan hamparan persawahan yang hijau dan ratusan ekor sapi. Selain itu, ada juga sebuah pemandangan yang berisi pepohonan yang akan menambah sebuah keindahan pada bukit ini, karena pepohonan purba ini memiliki sebuah sejarah ratusan tahun, dan 322 spesies anggrek hutan tumbuh di pepohonan tersebut.

Pemandangan persawahan menjadi daya tarik Gunung Dadun. Sawah tertata rapi, menjadikannya latar belakang yang ideal untuk fotografi, terutama saat cuaca cerah. Sebagai alternatif, pengunjung sebaiknya mengambil foto anggrek liar yang tumbuh dalam jumlah besar di pepohonan dekat kaki gunung. Anggrek ini terlihat cantik meski dari kejauhan. Dari segi suasana tidak perlu khawatir, tidak banyak wisatawan di Dan Dan karena Dan Dan tidak terlalu populer dibandingkan dengan perbukitan lainnya (terutama South Base). Anda tidak akan kecewa, tetapi akan merasa nyaman, karena Anda bisa menikmati nuansa damai saat pergi hiking dan menjelajah.

Baca Juga : 7 Spot Panjat Tebing Terindah di Indonesia

Kegiatan selanjutnya yang wajib dinikmati pengunjung Danshan adalah berkemah. Seperti bukit lainnya di Sembalun, bukit ini adalah tempat yang tepat untuk mendirikan tenda dan menghabiskan malam yang damai bersama teman-teman. Satu perihal, yakinkan tidak mengganggu area dengan membuang sampah asal- asalan. Artinya setiap orang harus membuang sampah setelah memasak atau menyantap makanan. Adapun tipsnya, sebaiknya bawa kantong sampah ke tempat sampah sebelum mengumpulkan sampah. Saat Anda kembali, jangan lupa untuk membawa barang bawaan Anda dan membuangnya ke tempat sampah di desa terdekat.

Kegiatan lain yang direkomendasikan adalah mendekati desa terdekat dan mengunjungi pertanian masyarakat setempat. Wisatawan bahkan berkesempatan bermain-main dengan sapi dan mengambil foto sapinya. Ini kesempatan langka. Anda bisa mendapatkan izin dari pemiliknya terlebih dahulu. Saya berharap semua orang beruntung saat mendaki.

 

6. Pusuk Sembalun

Taman Wisata Pusuk Sembalun merupakan salah satu tempat wisata terpopuler.Kawasan taman wisata Pusuk Sembalun merupakan dataran tinggi, sekitar 900 meter di atas permukaan laut. Sebab, taman wisata ini memberikan udara yang sangat segar dan keindahan alamnya, namun masih sangat lebat. Nuansa yang dihadirkan di kawasan ini juga sangat alami dan asri.Daerah yang tinggi identik dengan suhu udara yang begitu rendah dan sangat dingin. Padahal, saat suhu di musim kemarau normal, suhu di kawasan ini bisa mencapai 7 derajat Celcius. Sedangkan untuk musim hujan, suhunya bisa mencapai sekitar 20 derajat celcius.

Pusuk Sembalun sendiri berasal dari bahasa Sasak. Kata “Pusuk” artinya “Puncak”, jadi Pusuk Sembalun artinya Puncak Sembalun. Di kawasan Pusuk Sembalun pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Rinjani yang indah, hutannya yang lebat memabukkan dan masih terlihat sangat alami. Pada akhirnya, warga sekitar dan pemerintah daerah secara bersama-sama menyediakan tempat melihat pemandangan yang istimewa, sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah dengan sempurna.

Keindahan alam Taman Wisata Pusuk Sembalun sungguh luar biasa. Anda bisa memanjakan mata di pegunungan yang rimbun dan tertutup pepohonan. Selain karena berada di dataran tinggi, pengunjung kawasan ini juga bisa menikmati pemandangan tebing yang terjal dan mempesona. Belum lagi bukit, lembah, pertanian, dan pegunungan. Semua elemen yang ada di kawasan ini sangat membantu dalam menyuguhkan keindahan alam yang mempesona.Taman Wisata Pusuk Sembalun terletak di lereng Gunung Rinjani di Jalan Wisata Gg. Rinjani di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Untuk bisa beristirahat di taman ini atau benar-benar menikmati liburan, Anda hanya perlu membayar tiket pulang pergi sebesar Rp5.000. Biaya remunerasi ini akan digunakan untuk memberikan fasilitas yang lebih baik, menjaga tempat wisata, dan menjaga kebersihan. Dengan anggaran yang amat terjangkau ini, Kamu telah dapat menikmati keelokan halaman darmawisata yang amat istimewa ini.

Meski Taman Wisata Pusuk Sembalun terbilang baru, kawasan taman wisata ini populer di kalangan wisatawan. Pada akhirnya berbagai fasilitas ditingkatkan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi wisatawan.Fasilitas taman tersebut antara lain spot foto yang sangat menarik dan menawan, area parkir yang luas, WC umum, warung makan, dan beberapa personel yang bertanggung jawab menjaga keamanan dan kebersihan kawasan taman wisata Pusuk Sembalun. Atraksi terpopuler di taman wisata ini adalah spot fotografi yang sangat mempesona dan mengesankan. Dengan mendaki di berbagai perbukitan Pusuk Sembalun, Anda akan mendapatkan banyak spot fotografi dengan background yang mempesona dan mengagumkan. Selain itu, banyak atribut disediakan untuk menyempurnakan efek pemotretan Anda.

 

7. Danau Segara Anak

Segara Anak adalah danau kawah di bawah Pegunungan Rinjani. Nama Segara Anak berarti memberinya anak samudra, karena warnanya yang biru mengingatkan pada danau samudra.Segara Anak (Segara Anak) atau disebut juga kawah Gunung Rinjani (Gunung Rinjani). Seperti namanya, Segara Anak merupakan sebuah danau kawah yang berada di bawah pegunungan Rinjani. Meski merupakan sejenis danau, penduduk setempat menyebut kawah tersebut sebagai anak laut berdasarkan nama Jawa. Konon karena warna air Segara Anak berbeda dengan kebanyakan danau, warnanya coklat atau hijau, tapi seperti lautan yang biru.

Danau ini berada di ketinggian lebih dari 2.000 Mashr, dengan luas 1.100 hektar dan kedalaman 230 meter. Penduduk setempat telah membuat jalur pendakian, dan wisatawan akan menggunakannya untuk keluar dari lembah di tepi danau. Penduduk setempat percaya bahwa ada dewa di danau, dan dewa ini berada di dasar danau, mempersembahkan korban untuknya. Di dekat danau terdapat seorang anak bernama Gunung Rinjani yang bernama Gunung Berapi, dan terdapat pemandian air panas untuk dinikmati wisatawan. Konon katanya air panas di sana bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Penduduk yang tinggal di dekat Gunung Rinjani Segara Anak (Gunung Rinjani Segara Anak) memiliki kepercayaan dominan Hindu. Mereka percaya bahwa dasar telaga ditempati oleh Dewi Anjani, penjaga telaga kawah. Ada Goa Susu (Goa Susu) di sekitar pemandian air panas, dan ada banyak persembahan oleh umat Hindu di dekatnya. Tak jauh dari situ, ada pohon keramat, yang konon bisa memenuhi segala persyaratan. Penduduk setempat percaya bahwa Dewi Anjani disebut sebagai penguasa Gunung Rinjani.

Tentunya ini yang menjadi tujuan utama para wisatawan datang untuk berwisata, namun karena pemandangan Segara Anak sangat menyedihkan. Anda tidak hanya melihat keluar dari danau yang luas dan laut biru, tetapi ketika Anda melihat ke atas, Anda dapat melihat anak-anak gunung vulkanik, dan yang tertinggi dan terjauh adalah Gunung Rinjani, yang pemandangan alamnya sangat menakjubkan.Tak heran jika Segara Anak menjadi destinasi wisata danau yang disegani, meski tak jauh dari Gunung Rinjani. Hal tersebut bukan hanya karena keindahan Danau Kawah saja, tetapi juga karena merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia.

Seperti kita ketahui bersama, Danau Habena (3.320 Masra) merupakan danau tertinggi di Indonesia, disusul Danau Khumbulo, Danau Gunungtuju dan Danau Saqqara Anaque. Itu sebabnya ketika Anda mengunjungi Lombok, tempat ini adalah danau terbaik dan paling direkomendasikan di puncak gunung.Dalam data sejak tahun 2017, sangat disayangkan fasilitas yang diharapkan seperti pertokoan, penginapan, tempat ibadah atau fasilitas lainnya belum tersedia. Mungkin alasannya untuk menjaga suasana alam di sana. Namun, metode akses yang nyaman memungkinkan Anda untuk melakukan perjalanan ke dan dari akomodasi atau fasilitas terdekat sesuka hati.

Lokasi di tepi danau biasanya digunakan sebagai tempat penginapan dan berkemah. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa memancing di sana, dan pancing tidak diperbolehkan. Inilah mengapa kawasan pinggiran Segara Anak sangat cocok sebagai area camping. Saat berkemah di pagi hari, Anda bisa memancing dan makan ikan bersama teman camping.Danau Segara Anak buka selama 24 jam dan Anda bisa masuk kapan saja. Namun, untuk membayar tiket masuknya, Anda perlu membayar sedikit biaya, sekitar Rp35.000 untuk seharian penuh.Lokasi danau ini berada di dekat Gunung Regani atau Gunung Berapi. Itu kebetulan berada di lembah barat Linjani. Terdekat adalah desa Sembalun Lawang di Kec. Senbaron, Kab. NTB Lombok Timur.

Share this: