February 23, 2024
Balapan Kapal dengan Yacht dan Keseruannya

Balapan Kapal dengan Yacht dan Keseruannya

Balapan Kapal dengan Yacht dan Keseruannya Balapan sudah menjadi olah raga yang banyak diminati. Ada banyak jenis balapan yang bisa dijumpai. Balap lari dan balap kuda bisa dibilang adalah jenis balapan paling awal yang pernah muncul. Kemudian, kendaraan pun mulai banyak berkembang dan orang mulai menikmati balapan dengan kendaraan. Dari kelas roda dua, tentu ada Moto GP yang menjadi balapan motor paling bergengsi. Selain itu, ada juga balapan di kelas superbike hingga balapan kendaraan roda dua lainnya. Tidak bisa diabaikan juga adanya balapan sepeda yang sudah banyak pula dijumpai. Beralih ke roda empat, tentu saja Formula 1 atau F1 adalah salah satu balapan mobil paling bergengsi walau kendaraan formula 1 lebih disebut sebagai prototype dan bahkan jet darat karena desain dan kecepatannya. Ada juga balap mobil rally hingga balap mobil nascar dan lain sebagainya. Itu semua adalah balapan di track darat, apakah ada balapan di area perairan? Tentu saja ada. Balap dengan kayak dan canoe itu sudah banyak dijumpai. Hal lebih seru bisa ditemukan dalam balapan dengan yacht.

Balapan dengan yacht ini menjadi suatu balapan yang sangat bergengsi dan menjadi bukan lagi sebatas balapan perahu. Ada gengsi yang dipertaruhkan dan tentu juga skill dalam mengemudikan yacht. Yacht yang digunakan tentu tidak berupa yacht berukuran besar dengan kabin yang mampu menampung lebih dari sepuluh orang. Yacht yang digunakan terbilang lebih kecil dan biasanya ini adalah jenis yacht yang dikemudikan satu orang saja. Ini layaknya suatu perahu kecil dengan layar dan mesin. Balapan yacht ini tidak bisa dibilang umum karena ini adalah suatu balapan yang cukup eksklusif dan bahkan tidak banyak orang juga yang tahu. Balapan yacht ini sebenarnya menjadi event rutin yang diadakan tiap tahun. Namun beberapa tahun terakhir, balapan perahu ini harus ditiadakan karena adanya wabah COVID-19 yang membuat banyak kegiatan harus dibatalkan, trmasuk untuk lomba balap yacht ini. Namun sekarang, balap yacht ini sudah kembali hadir. International Maxi Association menjadi lembaga yang bisa dibilang sebagai penyelenggara. Organisasi ini sudah ada sejak 41 tahun lalu dan lomba ini sendiri juga ada sudah sejak beberapa tahun lalu.

Sesuai namanya, ini adalah balapan dengan yacht sebagai kendaraannya. Namun, balapan ini relatif aman karena satu yacht dengan yacht lainnya tidak saling bersinggungan dan justru ada peraturan terkait jarak aman yang perlu dijaga antar posisi yacht untuk mencegah adanya kecelakaan. Dengan kata lain, tiap yacht seperti sudah mempunyai track sendiri dan kompetisinya lebih pada pengelolaan kecepatan dan pengendalian yacht dan layarnya. Yacht sendiri yang dipertandingkan ini bisa bergerak dengan cukup cepat dengan kecepatan 50 MPH menjadi kecepatan umum dan rata-rata yang bisa ditemukan. Jenis yacht yang digunakan memang yang berukuran kecil dengan satu orang yang mengemudikan yacht di bagian belakang. Pengemudi yacht bertugas mengatur kecepatan dan mengendalikan arah hingga posisi layar untuk mendapatkan dorongan angin yang diperlukan.

Yacht yang digunakan dalam balapan ini biasanya dibuat secara khusus dengan tujuan balapan. Ini sudah bukan lagi yacht yang sekedar untuk hiburan dan transportasi saja. Proses pembuatan yacht bahkan sangat teliti dan diserahkan pada tim yang ahli dalam membangun yacht untuk bisa melaju dengan kecepatan tinggi dan tetap bisa stabil saat dikendalikan di atas air. Bentuk, ukuran, berat, hingga material yang digunakan akan sangat menentukan kecepatan dan kestabilan yacht. Belum lagi, ada aspek susunan dan penggunaan layar sebagai salah satu daya dorong utama dalam menjalankan yacht tersebut. Bahkan, tenaga ahli bisa didatangkan untuk membangun dan membuat yacht tersebut, Proses persiapan yang ada pun menjadi cukup lama sehingga persiapannya saja bisa memakan waktu berbulan-bulan hingga nantinya yacht siap dicoba dan digunakan.

Balapan Kapal dengan Yacht dan Keseruannya

Ada cukup banyak kompetisi yacht yang bisa ditemukan. Salah satunya yang paling bergengsi adalah Maxi Yacht Rolex Cup. Dengan sudah tidak adanya kompetisi karena wabah pandemi tahun sebelumnya, dibukanya kembali kompetisi dan balapan tentu sangat menarik. Bagi para peserta, tentu mereka bersiap untuk bisa menang dan membawa pulang trophy dan hadiah yang ada. Untuk para penonton, tentu mereka siap menantikan balapan dan persaingan panas yang akan dihadirkan dalam balapan yacht tersebut. Balapan memang seru karena ini sangat menguji keterampilan dan ketangkasan tiap pembalap dalam mengendalikan perahunya. Ini bukan tugas yang mudah karena ini perlu pengendalian yang sangat matang untuk mengatur laju dari yacht dan arah dari angin dengan pengaturan layar. Apalagi, balapan ini hanya melibatkan satu orang saja sebagai pengendali yacht sehingga pembalap perlu mempunyai teknik yang bagus hingga fisik yang kuat dan memadai untuk bisa mengatur laju dari yacht yang dikendarai. Ini bukan tugas yang mudah dan tentu dari kesulitan itu, ada hadiah besar yang menanti.

Balapan yacht ini memang sangat unik dan seru. Ini terasa unik karena balapan ini tidak banyak yang tahu dan gelarannya tidak terjadi secara luas seperti balapan MotoGP dan Formula 1 yang sudah hadir secara luas dan dinikmati banyak orang. Namun, balapan perahu ini menjadi menantang karena ini tidak lagi didarat dan tidak ditentukan oleh kecepatan dan kualitas mesin. Ini menuntut ketangkasan dan keterampilan pembalap yang ada di atas kapal dan mengatur layar dan pergerakan angin yang ada. Ini pun menjadi suatu bentuk objek wisata yang sangat istimewa untuk dijumpai.

Share this: