July 29, 2021
8 Kawah Paling Indah di Indonesia IDN Times

8 Kawah Paling Indah di Indonesia

 

mountgayrumroundbarbadosrace – Danau kawah ini adalah sebuah danau yang sudah terbentuk disebuah kawah atau kawah dari gunung berapi. Mereka ini juga dapat terbentuk dari kawah yang tubrukan yang bisa disebabkan oleh sebuah meteorit atau ledakan yang dibuatan oleh manusia. Namun ini semua juga tergantung dari jenis lokasi yang dimana danau itu bisa terbentuk, dan sering disebut juga dengan danau kawah. Indonesia ini juga memiliki pemandangan berupa alam yang sangat menakjubkan, salah satunya adalah wisata kawah.Setidaknya saya sudah mengunjungi 8 kawah indah di Indonesia, dan kesan mengunjungi Kawah Indah selalu luar biasa. Dalam daftar di bawah ini, mari kita lihat 8 danau kawah terindah di dunia :

8 Kawah Paling Indah di Indonesia

 

1. Kawah Kelimutu

Kawah Kelimutu
Liputan6.com

Danau Kawah Kelimutu di Pulau Flores Nusa Tenggara Timur Indonesia ini memiliki tiga buah danau yang warnanya berubah-ubah dari waktu ke waktu yaitu merah, biru dan putih, yang merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang paling populer. Terletak di puncak Gunung Kelimutu, yang tercipta saat letusan gunung berapi. Di daerah dengan ketinggian 1.640 dpl ini terdapat 3 buah danau kawah yang bentuknya berbeda, kondisi hidrotermal dan geokimianya berbeda, dan mempunyai nama yang berbeda, yaitu:
1. Tiwu Nua Muri Koo Fai (Danau Pemuda dan Danau Gadis) memiliki kedalaman sekitar 127 meter dan mencakup area seluas sekitar 5,5 hektar.
2. Tiwu Ata Polo (danau menawan) memiliki kedalaman 64 meter dan luas 4 hektar. Danau tersebut dianggap sebagai salah satu mata air Sungai Ria Mbuli.
3. Tiwu Ata Mbupu (Danau Hongmao Tu) memiliki kedalaman 67 meter dan luas sekitar 4,5 hektar.

Menurut data Balai Taman Nasional Kelimutu, antara tahun 1915 hingga 2011, meski belum ada jadwal pasti dan pola perubahan, ketiga danau tersebut mengalami beberapa kali perubahan warna. Tiwu (telaga) Nua Muri Koo Fai berubah warna 25 kali, Ata Polo 44 kali berubah, dan Ata Mbupu 16 kali berubah.Luas Danau Kelimutu sekitar 1.051.000 meter persegi, volume air 1,292 miliar meter kubik, dan ketinggian dinding kawah antara 100 hingga 200 meter. Dinding Danau Gunung Kelimutu terjal dan curam karena memiliki kemiringan 60 hingga 70 derajat. Ketiga danau kawah Gunung Kailimutu ini memiliki keindahan yang mempesona dan begitu indah sehingga mampu menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Wisatawan juga rela menapaki puluhan anak tangga di sepanjang jalan setapak yang agak terjal, dan hanya dari tempat yang tinggi mereka bisa melihat pemandangan Danau Kailimutu. Dari atas, pengunjung bisa melihat panorama 360 derajat di sekitar Danau Kelimutu. Danau Kelimutu juga merupakan tempat yang ideal untuk menikmati panorama matahari terbit. Wisatawan rela mendaki di pagi hari, sekedar menikmati indahnya matahari terbit di puncak Kelimutu.Tiket bagi wisatawan domestik untuk memasuki kawasan Taman Nasional Kelimutu akan dikenakan tarif Rp 5.000 dan Rp 150.000. Untuk biaya parkir tambahan, sepeda motor mengenakan biaya 5.000 rupiah, sedangkan mobil mengenakan biaya 10.000 rupiah.

Di dekat danau, berbagai fasilitas penunjang disediakan bagi wisatawan, antara lain toilet, beberapa paviliun, tempat parkir, dan warung-warung yang berjejer minuman dan makanan di sekitar tempat parkir. Fasilitas ini juga tampaknya terpelihara dan terawat dengan baik.

Baca Juga : Berwisata ke Padang Savana Terindah Di Indonesia

2. Kawah Ijen

Kawah Ijen
Travel Kompas

Kawasan Wisata Kawah Ijen termasuk dalam Cagar Alam Halaman Darmawisata Ijen seluas 2. 560 hektar, tercantum 92 hektar hutan darmawisata. Kawah Ijen terdapat di pucuk Gunung Ijen yang terdapat di Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi serta Kecamatan Klobang Kabupaten Bondowoso. Gunung Ijen ialah gunung berkobar aktif dengan ketinggian 2. 443 Masra, berdampingan dengan Gunung Laon dan Gunung Merapi.Kawah Ijen adalah sebuah danau yang terbentuk di atas gunung berapi Ijen yang terbentuk dari letusan gunung berapi Ijen yang mengisi kawah dengan air dan membentuk sebuah danau kawah yang menakjubkan. Menariknya, kawah ini terletak di dalam kawah. Bagian tengah yang paling luas adalah di pulau Jawa dengan diameter 6 kilometer. Ukuran kawahnya sendiri kurang lebih 960 meter x 600 meter, dengan kedalaman 200 meter. Kawah ini terletak lebih dari 300 meter di bawah dinding kawah.

Selain itu, fenomena alam lain yang sayang untuk dilewatkan di Kawah Ijen adalah api biru yang muncul di tengah penambangan belerang dan hanya bisa disaksikan dari pagi hingga dini hari pukul 05.00 WIB. Kecuali Pulau Ijen, fenomena blue fire di dunia hanya ada dua, hanya di Islandia. Oleh karena itu tidak diragukan lagi keberadaan nyala api biru ini banyak diminati oleh para wisatawan khususnya wisatawan mancanegara.Jika ingin melihat nyala api biru, sebaiknya mendaki mulai pukul 01.00-02.00 pagi, karena nyala biru terlihat jelas hingga pukul 05.00 pagi atau sebelum matahari muncul.

Untuk alasan keamanan, aktivitas pendakian dari Paltuding ke Kawah Ijen akan ditutup setelah pukul 14:00 karena asap tebal dan kemungkinan jalur pendakian yang disebabkan angin.Harap jangan memakai jeans, tetapi pilih kain atau overall. Pilih sendal atau sepatu yang nyaman di kaki Anda. Gunakan juga hood dan earmuffs serta coats untuk menahan hawa dingin.Untuk itu gunakan juga hood, earmuffs dan coats. Jangan lupa membawa masker / lifeguard, karena untuk menuju kawah gunung ijen anda harus berjalan kaki menyusuri jalur tebing kawah, terkadang asap belerang akan tertiup angin.

3. Kawah Domas Tangkuban Perahu

Kawah Domas Tangkuban Perahu
Okezone Travel

Gunung Deng Kuban (Tangkuban Perahu). Biro Wisata Alam Bandung merupakan gunung berapi aktif yang terletak di Bandung Utara, tepatnya di Kokol, Lembang, Jawa Barat. Ketinggian Tangkuban Perahu atau Parahu adalah 2.084 atau sekitar 6.873 kaki. Suhu gunung mencapai 17 derajat Celcius pada siang hari dan 2 derajat Celcius pada malam hari. Tangkuban Perahu terakhir meletus pada tahun 2013. Meski demikian, gunung ini masih tergolong aman untuk Anda.

Berbeda sekali dengan gunung berapi lainnya di Indonesia, puncak Tangkuban Perahu memang sangat unik. Itu memanjang dan tampak seperti perahu terbalik. Gunung tersebut terlihat seperti kapal yang terbalik karena terdapat dua kawah gunung berapi yang berjejer di antara timur dan barat. Sebab, gunung ini tampak seperti kapal terbalik dari arah selatan, kawasan Lembang. Sementara dari arah timur, barat dan utara, Tangkuban Perahu sama sekali tidak terlihat seperti perahu yang terbalik, melainkan sebuah gunung biasa.

Gunung Tangkuban Perahu memiliki 3 kawah yang terkenal yaitu Kawah Cowok yaitu Kawah Ratu, Kawah Domas dan Kawah Upas. Menurut penelitian para ahli, ketiga kawah ini memiliki sejarah puluhan ribu tahun. Kawah pertama yang muncul setelah letusan adalah Kawah Domas, yang memiliki sejarah sekitar 400-90.000 tahun. Kemudian pada tahapan pergerakan tanah atau geologi, muncul kawah-kawah baru silih berganti yaitu Kawah Upas, dan yang terakhir adalah Kawah Ratu yang memiliki sejarah 10.000 tahun.

Ketiga kawah gunung berapi Tangkuban Perahu semuanya menghasilkan belerang atau bau belerang yang menyengat. Oleh karena itu, jika berada di sini wajib memakai topeng. Kini, di lereng bukit ini terdapat hamparan kebun teh dan hutan pinus yang niscaya membuat Anda betah dan ingin berlama-lama menikmati keindahannya. Saking asiknya, objek wisata ini biasanya dijadikan sebagai lokasi syuting film, pranikah, iklan, dan lokasi syuting film atau ftv.

4. Kawah Papandayan

Kawah Papandayan
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat

Kawah Papandayan menjadi salah satu tempat wisata alam yang direkomendasikan untuk berlibur bersama keluarga dan sahabat tercinta. Banyak tempat wisata di Garut Jawa Barat yang menyediakan tempat wisata yang indah dan counter mainstream, dan Kabupaten Garut memang salah satu daerah wisata potensial di Indonesia (khususnya Jawa Barat). Selain wisata modern, sejarah dan budaya Garut Jawa Barat, pemandangan alamnya yang luar biasa juga menyimpan jutaan pesona. Kawah Papandayan merupakan salah satu tempat wisata alam untuk mewujudkan liburan impian Anda dan keluarga.

Tempat wisata alam Garut menyuguhkan keindahan yang mempesona, selain itu Anda juga bisa menikmatinya dengan harga yang terjangkau. Banyak tempat wisata yang murah, namun tetap disarankan agar Anda meluangkan waktu untuk beristirahat.Untuk harga tiket masuk wisata Kawah Papandayan hanya perlu membayar:
– HTM: Rp 20.000 / orang (hari kerja) Rp 30.000 (akhir pekan)
– Biaya berkemah Rp 35.000
– Harga tiket masuk kolam renang adalah Rp. 25.000
– Tiket parkir mobil wisata adalah Rp 5.000 / motor dan Rp 10.000 / mobil

Obyek wisata alam Kawah Papandayan dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang. Nikmati perjalanan liburan yang semakin menyenangkan dengan menikmati keindahan dan fasilitas Kawah Papandayan, seperti:
– Tempat parkir besar
-Tempat wisata
-Kamar kecil
-Tempat beribadah
-Tempat foto tidak stabil
-Kawah Pemandian Air Panas Papandayan
-Camping area
-Gazebo

Tempat wisata alam Kawah Papandayan menjadi tempat yang direkomendasikan bagi para pecinta alam. Kawah Papandayan terletak di Gunung Papandayan yang menjadi salah satu destinasi para pendaki dan pecinta alam. Karena jalur menuju kawasan kawah sangat mudah, gunung ini sangat bersahabat bagi pendaki.Untuk pemula, Kawah Papandayan Garut adalah tempat yang recommended. Nikmati keindahannya bersama teman-teman tercinta, Kawah Papandayan sendiri berada di ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut. Pemandangan alam Kawah Papandayan yang indah akan memanjakan aktivitas liburan Anda.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata di Kaki Gunung Semeru

5. Kawah Gunung Galunggung

Kawah Gunung Galunggung
Tribun Jabar – Tribunnews.com

Gunung Galunggung ialah destinasi darmawisata dengan panorama alam pegunungan yang bagus. Ekspedisi gunung ini sesuai buat ekspedisi keluarga. Sebab turis tidak butuh melaksanakan perencanaan yang kompleks semacam menaiki gunung, Galunggung merupakan gunung berkobar yang terakhir kali meletus pada tahun 1822, 1894, 1918, serta 1982. Dentuman ini memunculkan banyak korban, serta memunculkan bermacam kehilangan, meski ini seram. Insiden alam sedang bawa angka positif. Gunung Galunggung sudah jadi subjek darmawisata yang amat disukai para turis bagus lokal ataupun mancanegara tiba ke Gunung Tashik Malaya buat menikmati pemandangan pegunungan yang bagus.

Karena objek wisata ini berupa gunung, maka wisatawan perlu menyiapkan baju hangat. Berada di ketinggian 2.167 mdpl, tak heran jika udara di sini sangat sejuk bahkan berembun. Kondisi udara yang sejuk dan segar membuat turis merasakan perbandingan mutu hawa dikala terletak di kota. Panorama alam pegunungan yang istimewa, tebing- tebing yang besar, serta jutaan pepohonan yang mengelilinginya yang besar serta panorama alam hijau membuat tempat ini sedemikian itu bagus serta mempesona.

Pemandangan kawah hijau merupakan salah satu sumber keindahan Gunung Galunggung yang bisa diapresiasi dari puncak Gunung Galunggung. Menariknya, traveller yang ingin melihat keindahan ini secara langsung harus mendaki tebingnya. Meski demikian, tidak perlu khawatir dengan kondisi jalan raya. Pasalnya jalur menuju puncak gunung memiliki beberapa anak tangga yang membuat para pendaki merasa nyaman. Jumlah anak tangga adalah 620 anak tangga untuk menaiki anak tangga menuju puncak gunung. Perlu tenaga ekstra, tapi ada tempat peristirahatan di sebelah tangga menanjak. Oleh karena itu, wisatawan bisa beristirahat sejenak sambil menikmati sejuknya udara alpen.

Setelah menaiki 620 anak tangga, keindahan kawah di bawah tebing akan langsung melepas penat. Kawah Galunggung terbentuk dari letusan Gunung Merapi. Tebing yang tinggi, kawah vulkanik yang hijau, dan udara yang sejuk menjadi keindahan di sekitar puncak Gunung Galunggung. Pengunjung yang penasaran dengan kawah bisa turun dan menikmatinya. Namun sekali lagi, Anda harus siap sepenuhnya, karena Anda harus menuruni anak tangga yang cukup tinggi.

6. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey
Daka Tour

Kawah Putih adalah hasil dari letusan gunung berapi Ciwidey Patuha di Bandung. Warna putih kawah disebabkan kandungan beberapa unsur yang bercampur belerang. Keunikan panorama romantis inilah yang membuat kawasan ini populer di kalangan wisatawan, resort ini berada di kawasan pegunungan sekitar 2.430 meter di atas permukaan laut. Sebab, suhu di kawasan wisata ini sangat sejuk, berkisar antara 15-22 derajat Celcius.

Lokasi kawah putih berada di Jl. Di Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat, di luar Bandung, untuk mencapai Kawah Putih bisa naik kendaraan roda empat melalui pintu tol Koppo lalu Iati hingga sore hari. Dilanjutkan ke Ciwidey pada sore hari dan anda akan sampai di Kawah Putih Ciwidey. Untuk memasuki Kawah Putih Ciwidey, Anda perlu membayar tiket sebesar Rp. 15.000, -. Jika Anda ingin pranikah di sini, Anda perlu membayar Rp 500.000. Terdapat dua ruang parkir di kawasan ini, yaitu ruang parkir atas dan ruang parkir bawah. Biaya parkir roda dua bawah adalah Rp3.000, -Rp 6.000 untuk roda empat / mobil dan Rp25.000 untuk minibus. Jika Anda memarkir mobil di bawah, Anda harus membayar biaya layanan anting sebesar Rp15.000 per orang.

Dari parkir bawah sampai bibir kawah, sekitar 15 kilometer. Harga tempat parkir yang digunakan untuk parkir sangat mahal yaitu Rp 150.000. -Jika Anda dalam rombongan, sebaiknya parkir mobil Anda langsung di atas, karena tempat parkir teratas berada tepat di dekat kawah putih. Kawah Putih Ciwidey bisa Anda kunjungi mulai pukul WIB.07.00-17.00 setiap hari.Kabut sering menyelimuti Kawah Putih seperti udara pegunungan yang dingin. Lokasinya yang berada di Puncak Ciwidey menambah indah nuansanya. Pada waktu-waktu tertentu, kabut tebal dapat menyebar dan mengganggu jarak pandang Objek wisata ini merupakan salah satu destinasi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara. Karenanya, pada hari libur resmi, jumlah wisatawan per hari adalah 1.500-2.000. Saat libur panjang, jumlah orang per hari bisa mencapai 5.000 orang.

Kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan. Area parkirnya luas dan aman. Bagi yang ingin makan banyak terdapat warung-warung yang bisa dipilih, dan di area sekitar kawah juga terdapat pedagang yang menjual abu belerang dan bebatuan yang khas dari abu vulkanik. Oleh-oleh ini efektif menyembuhkan penyakit kulit dan menghilangkan jerawat.Selama Anda berada di kawah putih Bandung, warna putih akan didominasi oleh Anda. Sangat cocok untuk wisatawan yang suka mencari tempat untuk berfoto. Memiliki kesan romantis dan unik serta menjadi background favorit para wisatawan buat difoto. Pemandangan alam yang bagus jadi energi raih untuk turis, terutama pasangan muda, untuk mengabadikan momen. Selain itu, kawah gunung berapi dan background alam yang eksotis menambah kesan natural pada foto-foto tersebut. Objek wisata ini juga populer karena lokasi syuting film “Heart” tahun 2006. Lokasi ini juga sering digunakan untuk foto prewedding.

7. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang
Nusa Daily

Kawah Sikidang merupakan salah satu tempat wisata utama Dataran Tinggi Dieng yang banyak dikunjungi wisatawan. Letaknya yang berada di atas tanah datar, sehingga pengunjung dapat dengan mudah menikmati keindahan kawah dan pemandangan sekitarnya.Ledakan lumpur panas dan gas atau asap putih di sekitar kolam kawah merupakan fenomena alam dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Dataran tinggi Dieng awalnya merupakan gunung berapi raksasa yang mengalami serangkaian aktivitas vulkanik yang meninggalkan jejak berupa lubang-lubang besar berupa kawah. Salah satunya Kawah Skikidang akibat letusan gunung berapi. Kawah Skikidang merupakan kawah yang sangat aktif karena masih terlihat jelas aktivitas vulkanik berupa letusan lumpur vulkanik disertai dengan gas beracun yang bergulung di udara putih. Asap yang dikeluarkan memiliki bau yang sangat menyengat karena kandungan belerang dan belerang yang tinggi. Oleh karena itu, wisatawan disarankan memakai masker atau jarum hidung saat memasuki kawasan wisata ini.Kawah Sikidang merupakan kawah yang menakjubkan, karena di suatu titik kawahnya bergerak seperti meloncat-loncat dari satu tempat ke tempat lain saat masih dalam suatu daerah. Diperkirakan perpindahan ini terjadi setiap empat tahun sekali, karena dipercaya dapat berpindah-pindah, seperti meloncat-loncat. Kawah ini dinamakan Kawah Sikidang. Sikidang, dari kidang atau kijang Indonesia atau rusa yang suka meloncat-loncat.

Selain menikmati kawah gunung berapi, pengunjung juga bisa berfoto di spot-spot selfie yang tersedia. Mengandalkan background alam yang asri, tumpukan batu granit putih, kolam kawah terbuka dan asap putih, juga menarik orang untuk mengabadikannya dalam bentuk foto-foto cantik.Para wisatawan juga bisa menyewa kuda atau jeep untuk menjelajahi kawasan wisata ini. . Harga sewanya juga sangat terjangkau.Lokasi wisata kawah sikidang mudah di jangkau karena masih berada di kawasan wisata dataran tinggi dieng yang kebetulan berada di desa dieng kulon kecamatan batur kabupaten banjarnegara. Harga tiketnya juga sangat murah, hanya Rp 150,00 yang merupakan tiket masuk berkesinambungan ke Candi Arjuna Dieng. Harga tiketnya terbilang murah, karena dengan harga tersebut kamu sudah bisa mengunjungi dua lokasi sekaligus dan menikmati pemandangan alamnya dengan puas.

8. Kawah Gunung Kelud

Kawah Gunung Kelud
detikTravel

Wisata Gunung Kelud kini semakin spesial. Daerah itu diaransemen sebagai lagu setelah letusan gunung berapi pada tahun 2014, sebuah panorama alam yang mempesona, terletak di pegunungan di perbatasan Kabupaten Kediri dan Blitar. Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang tertarik dengan wisata Gunung Klud.Puncak Gunung Kailud dan kawahnya masih menjadi salah satu tempat wisata paling menarik bagi sebagian besar wisatawan. Pasca letusan gunung berapi pada tahun 2014 lalu, puncak Gunung Kelud berubah. Kini, ada danau kawah dengan bau yang mirip dengan Danau Kailimutu.Kawah gunung terindah di Indonesia ini dikelilingi oleh tiga puncak utama. Mereka adalah Puncak Kelud, Puncak Gajah Mungkur dan Puncak Sumbing. Pengunjung bisa naik ke puncak gunung untuk mengamati pemandangan indah di atas.

Saat ini pihak pengelola memberikan kesempatan kepada para petualang untuk menyaksikan kubah lava Gunung Kelud, meski dari kejauhan kubah lava tersebut masih terlihat berbahaya. Terdapat awan air disekitar kubah lava yang sesekali mengeluarkan asap yang artinya karena lahar tersebut sangat panas maka suhunya di sana bisa dikatakan panas. Tahukah Anda, di suhu yang bisa sangat panas, Gunung Kelud juga memiliki sumber air panas. Masyarakat setempat percaya bahwa siapapun yang membasahi tubuhnya dengan air panas niscaya akan diremajakan.

Saat menuju ke Gunung Kelud, Anda akan melihat fenomena aneh di jalan raya, yang akan menuju ke Gunung Kelud. Pasalnya, meski jalannya tidak turun, jalan biasa bisa melaju mobil dalam keadaan netral.Sampai saat ini jalan ini masih menjadi misteri, dan masyarakat sekitar belum menemukan apapun. Oleh karena itu, alasan yang tidak jelas tidak dapat menjelaskan fenomena ini.Setelah sampai di gerbang Gunung Kelud, tidak bisa begitu saja masuk tanpa membeli tiket kan? Untuk hari kerja tarifnya Rp. Cuma 5.000, dan di akhir pekan harga tiket berubah menjadi Rp. Biayanya hanya £ 10.000, yang cukup untuk membayar tiket ke atraksi petualangan seperti gunung ini. Perlu Anda ketahui juga-terkadang Gunung Kerud tidak menerima tamu. Artinya Gunung Kelud saat ini sedang aktif dan berbahaya untuk dikunjungi.

Share this: