May 15, 2021
7 Tempat Wisata Gunung Kelud dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi Nusa Daily

7 Tempat Wisata Gunung Kelud dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

7 Tempat Wisata Gunung Kelud dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Gunung Kelud
Nusa Daily

Tempat Wisata Gunung Kelud – Ada banyak tempat wisata yang ada disekitaran Gunung Kelud ini yang layak untuk dijadikan sebuah kunjungan. Selain itu, daerah pegunungan ini juga biasanya akan memberikan sebuah pemandangan alam serta udara yang sejuk dan nyaman. Setelah terjadinya meletus beberapa tahun yang lalu, salah satu tempat wisata andalan di Kabupaten Kegiri di Provinsi Jawa Timur ini semakin digemari oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Pemandangan panorama pegunungan yang disediakan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Gunung Kelud.

Selain Wisata Gunung Bromo, Jawa Timur juga memiliki kawasan wisata lainnya, seperti Gunung Klud. Gunung Kailud adalah gunung berapi aktif di Jawa Timur. Bahkan ini juga merupakan gunung wisata yang ada di sekitar Blitar, Kediri dan kota lainnya yang juga berbatasan langsung dengan Gunung Kelud ini. Gunung Kailud merupakan salah satu gunung berapi teraktif, beberapa tahun yang lalu gunung ini mengalami letusan. Namun pasca meletusnya bencana alam, kawasan wisata Gunung Klud tetap menarik sebuah minat para wisatawan. Berikut ini beberapa tempat wisata yang ada di dekat sebuah Gunung Kelud yang terkenal.

1. Puncak Gunung Kelud

Puncak Gunung Kelud
Travel – Tempo.co

mountgayrumroundbarbadosrace – Wisata ke Gunung kelud ini memiliki 4 puncak yaitu puncak kelud, puncak retak, puncak gajah mungkur dan puncak gedang.Sebagian besar wisata gunung menganggap puncak gunung sebagai salah satu tujuan wisata yang menarik. Begitu pula dengan wisata di sekitar Gunung Kelud yang merupakan salah satu tempat wisata di Blitar dan Kediri.Puncak Gunung Kailud dan kawahnya masih menjadi daya tarik bagi sebagian wisatawan. Pasca letusan gunung berapi pada tahun 2014 lalu, puncak Gunung Kelud berubah. Sekarang sudah ada danau kawah yang baunya mirip dengan Danau Kailimutu.

Kawah gunung terindah di Indonesia ini dikelilingi oleh tiga puncak utama, yaitu Gunung Kelud, Gajah Mungkur dan Sumbing. Pengunjung bisa naik ke puncak gunung untuk mengamati pemandangan indah di atas. Waktu terbaik untuk mencapai puncak Gunung Klud adalah saat matahari terbit. Anda bisa menggunakan shuttle bus atau jeep, lalu mendaki sekitar 1 jam untuk mencapai puncak gunung.Pengunjung yang ingin berkunjung atau mendaki Gunung Klud harus membayar Rp 5.000 per orang. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu tarif akan naik sebesar Rp. 10.000 / orang. Mulailah perjalanan dari pintu masuk.

Perjalanan menuju Gunung Klud akan dimanjakan oleh udara sejuk dan pemandangan alam yang indah, panorama hijau, lembah berbukit dan pegunungan hijau yang menjulang tinggi. Selain itu, terdapat banyak taman nanas dan kebun durian di sepanjang jalan, serta taman dengan spot foto menarik yang bisa Anda kunjungi sebelum menuju puncak Gunung Kelud.Tak hanya itu, sebelum mencapai puncak gunung, selama perjalanan pengunjung akan disuguhkan fenomena alam yang unik yaitu Gunung Klud yang misterius. Jika kendaraan berhenti dalam keadaan netral, kendaraan masih bisa bergerak mundur.

Sebelum memulai pendakian, ada baiknya istirahat sejenak di pertokoan atau tempat parkir yang sudah disediakan. Di rest area terdapat orang dagang yang menjual aksesori semacam gelang, topi, kacamata serta bunga. Kamu pula dapat carter juru foto dengan spot fotografi yang menarik dan cukup membayar Rp untuk langsung mencetaknya. 10.000-Rp. Hanya 15.000, tergantung pada tingkat tawaran Anda.Setelah beristirahat dan menikmati sejuknya panorama Gunung Kelud, Anda bisa memulai pendakian. Bagi pemula seperti saya, proses pendakian sangat melelahkan, saya hanya pergi ke gunung kelud anak-anak. Juga membutuhkan waktu sekitar satu jam, karena butuh waktu beberapa kali untuk duduk dan istirahat.

2. Mystery Road Gunung Kelud

Mystery Road Gunung Kelud
tempat wisata TempatWisataUnik.com

Wisata Gunung Kelud memang sangat menarik karena pemandangannya yang mempesona. Namun selain pemandangan alamnya, Gunung Kelud juga banyak menarik perhatian masyarakat, termasuk wisatawan yang mengunjungi jalan misterius Gunung Klud yang merupakan salah satu tempat wisata alam tersembunyi di Indonesia.Jalan ini sebenarnya merupakan jalan biasa, seperti jalan raya lainnya akan dipandu oleh wisatawan yang akan menuju objek wisata Gunung Klud. Namun, keunikan jalan ini terlihat seperti jalan menanjak, namun jika kendaraan ditutup, kendaraan masih bisa menanjak.

Fenomena “jalan misterius” atau jalan dengan pegunungan magnet ini hampir mirip dengan gelombang magnet di Madinah, Arab Saudi. Saat meninggalkan tanjakan, keajaiban poke magnet bisa dirasakan melalui tarikan “medan magnet”, karena meski mesin mobil dimatikan, otomatis mobil akan melaju dengan kecepatan 120 km / jam. Keajaiban “Tanah Suci” hanya bertahan 2-3 kilometer dari arah “penghalang elektromagnetik”.

Menurut penjelasan pemandu, kejadian di “Jalan Misterius” itu terjadi secara tiba-tiba, tanpa tahu waktu. Dengan kata lain, peristiwa kenaikan gravitasi (gunung gravitasi) disebabkan oleh medan magnet. Namun beberapa sumber dari masyarakat sekitar menyatakan bahwa kejadian tersebut merupakan ulah para elf penjaga Gunung Gilud.Setelah melewati jalan misterius ini, Anda akan tiba di sebuah tempat parkir yang ramai tempat parkir sepeda motor dan mobil. Area parkirnya luas dan ada warung makan di pinggirnya.

Baca Juga : 7 Spot Panjat Tebing Terindah di Indonesia

3. Air Panas Gunung Kelud

Air Panas Gunung Kelud
NativeIndonesia.com

Kediri memang memiliki banyak tempat wisata yang sangat unik, salah satunya adalah Air Panas Gunung Kelud. Usai menjelajahi kawasan Gunung Kelud, pemandian air panas ini menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dan merelaksasikan tubuh.Gunung berapi aktif biasanya memiliki sumber air panas alami. Gunung Kailud juga memiliki sumber air panas alami. Sebelum meletus, titik ini menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang terkenal.Ini karena pengunjung bisa bersantai sambil menghangatkan badan di cuaca yang dingin. Ini akan membuat suasana menjadi lebih santai. Suhu mata air panas ini benar – benar panas.

Aliran Pemandian Air Panas Gunung Kelud Anak masih terkesan alami, serta bebatuannya yang memanjakan mata. Untuk mencapai objek wisata ini, Anda harus menuruni 800 anak tangga yang terbuat dari batu alam dan disemen. Pegangan tangan juga disediakan untuk wisatawan di tangga. Di sisi kiri Gunung Air Panas Kelud terdapat sungai yang cukup dingin sehingga pertemuan keduanya berhasil membuat suhu air sangat nyaman bagi wisatawan yang ingin bermain atau berendam.Dibandingkan dengan tempat rekreasi lainnya, tempat wisata ini juga memiliki fasilitas pendukung yang sangat baik. Fasilitas tersebut dirancang agar wisatawan merasa nyaman saat berkunjung ke objek wisata ini.

Tidak jauh dari tempat wisata tersedia tempat parkir roda dua atau roda empat, sehingga Anda tidak perlu repot mencari tempat parkir. Saat wisatawan tiba di lokasi wisata alam ini juga terdapat tempat peristirahatan untuk bersantai.Di dekat Pemandian Air Panas Kelud juga terdapat tempat-tempat dimana sebagian jamaah pergi ke tempat wisata alam ini untuk beribadah. Di dekat area ibadah juga terdapat beberapa toilet bagi wisatawan yang ingin buang air kecil dan besar. Karena terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah, destinasi wisata alam yang satu ini juga cocok untuk Anda yang ingin berfoto bersama teman atau keluarga. Jika Anda tidak berada di sini untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga atau teman, itu sia-sia.

Jam buka objek wisata alam ini dari pagi hingga sore hari, dewasa dikenakan biaya Rp. 10.000, dan anak-anak dapat masuk dengan leluasa. Jika anda ingin berkunjung kesini pada hari libur, ada baiknya anda datang kesini lebih awal. Pasalnya, objek wisata ini ramai dikunjungi wisatawan saat liburan. Anda juga perlu membayar tiket parkir kendaraan roda dua akan dikenakan biaya Rp. 2.000 poundsterling, dan empat butir RP 10.000 rupiah, semua isinya dapat berubah sewaktu-waktu.

4. Flying Fox Gunung Kelud

Flying Fox Gunung Kelud
tempat wisata TempatWisataUnik.com

Pasca erupsi, sebagian dari Wisata Gunung Kelud rusak atau berkurang. Oleh karena itu, pemerintah daerah telah mengadopsi beberapa cara untuk memulihkan objek wisata Kulud dan menyaring kembali wisatawan.Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan menambah fasilitas dan menambah tempat wisata di dekat Gunung Kelud. Kini, ada mobil baru bernama Mount Kelud Flying Fox. Mobil ini merupakan skuter yang bisa dicoba oleh wisatawan. Flying fox akan melewati 100 meter.

Flying Fox Gunung Klud dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Gidiri. Rencananya tidak hanya flying fox saja yang akan dijadikan tempat wisata. Anda juga bisa menyewa kendaraan segala medan (juga dikenal sebagai ATV) untuk perjalanan off-road.

5. Agrowisata Margomulyo Gunung Kelud

Agrowisata Margomulyo Gunung Kelud
Daka Tour

Salah satu hasil pengembangan Gunung Kelud pasca ledakan pariwisata adalah dibukanya kawasan wisata dengan konsep wisata pertanian. Oleh karena itu, di kawasan wisata sekitar Kulud, agrowisata Margomulyo di lereng Gunung Kelud sangat menarik.Taman ini juga dikenal dengan nama Taman Agro Kediri. Anda akan mendapatkan area taman yang indah, yang dilengkapi dengan baik. Tak hanya bisa menikmati keindahan taman dan pemandangan alam sekitarnya, di sini pengunjung juga bisa menemukan sejarah dan cerita masa lalu Gunung Kelud.

Taman ini juga dikenal dengan nama Taman Agro Kediri. Anda akan mendapatkan area taman yang indah, yang dilengkapi dengan baik. Tak hanya bisa menikmati keindahan taman dan pemandangan alam sekitarnya, di sini pengunjung juga bisa menemukan sejarah dan cerita masa lalu Gunung Klud.Jenis tanaman yang ada di agrowisata ini sendiri cukup beragam. Yang paling menarik adalah adanya banyak tanaman bunga-bunga seperti krisan, mawar, matahari, kana, hujan mas, refugia, dan sebagainya. Taman ini sangat cantik untuk spot foto. Sehingga tidak tercengang jika banyak anak muda yang berkunjung ke sana.

Tidak hanya tamannya saja, ada juga beberapa spot di mana kamu bisa mengunggah foto di dekat Taman Pertanian Margomulyo. Mulai dari paviliun, tempat tidur gantung, hingga rumah lentera, Anda dapat menggunakannya sebagai latar foto di masa mendatang. Karena lokasi Taman Pertanian Margomulyo berada di kawasan sebuah wisata Gunung Klud. Jika datang dari Kediri, ikuti arah Wates. Sedangkan jika dari Surabaya silahkan berkendara ke arah Jombang, lalu potong dan teruskan ke Wates. Kota Kecangkas atau Wates sendiri sangat dekat dengan Gunung Kelud, dan terdapat banyak jalur menuju Gunung Kelud, jadi tidak perlu bingung.

Sebelum masuk ke Taman Pertanian Kediri, Anda perlu membayar tiketnya terlebih dahulu. Untuk harga masuk Taman Pertanian Margomulyo ini, Anda hanya membayar Rp. 7000 per orang. Harga tiket tersebut merupakan paket masuk wisata Gunung Kailud, sehingga nantinya bisa masuk ke Wisata Taman Margomulyo Argo dan Gunung Kelud.

Baca Juga : 10 Hotel Butik di Lampang yang Akan Melengkapi Perjalanan Anda di Thailand

6. Kampung Durian

Kampung Durian
Travel – Tempo.co

Selain adanya agrowisata Margomulyo, ada wisata lain di lereng Gunung Kelud. Apalagi jika Anda adalah pecinta durian. Mengapa? Sebab tempat wisata ini akan memperbolehkan Anda makan durian sebanyak-banyaknya.Kawasan wisata Kampung Durian hanya seluas sekitar 1 hektar. Tapi masih banyak fasilitas yang cukup lengkap. Misalnya kafe, spot selfie, arena bermain, dan paviliun. Namun yang paling menarik adalah terdapat 30 pohon durian.

Di tempat ini pengunjung akan berkesempatan untuk mencicipi aneka durian. Selain itu, pengunjung juga dapat mempelajari tentang tata cara menanam durian dan mengolahnya. Pengunjung tidak hanya bisa mencicipi buah-buahan, tapi juga olahan makanan durian. Makanan tersebut bisa berupa ketan durian, pengawet durian dan pancake durian.

Itulah beberapa tempat wisata terkenal di Gunung Kelud dan sekitarnya yang bisa anda kunjungi. Perlu diketahui bahwa pasca erupsi Gunung Klud pada tahun 2014 lalu, beberapa objek wisata masih dalam tahap restorasi dan pengembangan. Direncanakan secara resmi tempat wisata baru di dekat Gunung Kelud ini akan dibuka pada akhir tahun 2018 atau awal tahun 2019. Namun, Anda tetap bisa berkunjung ke sana. Namun, pastikan terlebih dahulu mengetahui tempat wisata yang akan Anda kunjungi.

Untuk wisatawan atau wisatawan yang masuk ke Kampung Durian hanya perlu membayar Rp. 5.000. Namun, jika Anda tidak ingin makan durian dan hanya berfoto, tidak apa-apa.Soalnya, di Desa Durian ada banyak spot fotografi menarik, semacam replika buah durian yang beraneka warna. Produk durian pun bermacam-macam, seperti pancake durian atau es krim durian.Wisatawan yang ingin berkunjung ke Desa Durian Slumbung tidak hanya bisa menggunakan jeep di gapura yang tidak jauh, tetapi juga sederet tempat wisata petualangan off road di lereng Gunung Kelud dengan biaya Rp 275.000. Anda juga bisa menggunakan private. sewa mobil di Kediri, sekitar Rs 150.000 per hari.

7. Bukit Kura-Kura Ongakan

Bukit Kura-Kura Ongakan
Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini di Surabaya dan Sekitarnya – Liputan6.com

Monumen Simpang Lima Gumul sangat populer di kalangan pengunjung Kediri karena desain interior bangunannya mirip dengan Arc de Triomphe di Paris. Namun tahukah Anda bahwa Kediri juga memiliki destinasi wisata indah yang berlatar belakang perbukitan tak terduga bernama Bukit Kura Kura Ongakan.Kura Kura Hill terletak di Gediri. Lokasinya tersembunyi dan hanya sedikit yang diketahui. Namun karena keindahannya, destinasi ini kini menarik perhatian para wisatawan.

Lokasi: Maps
Tiket: Rp4.000/orang

Gunung Kura Kura Ongakan terletak di lereng Gunung Kelud di timur laut. Maka dari itu, jika kesini pasti rela jalan-jalan di hutan pinus. Jalan ini panjang dan melelahkan, tapi keindahannya pasti akan membuatmu menyesal.Bagi yang datang kesini jangan lupa siapkan losionkontra nyamuk supaya tidak digigit nyamuk dikala berjalan menapaki hutan. Di gunung ini, Anda bisa menikmati pemandangan yang indah. Anda bisa melihat Sungai Lava Gunung Kawi, Gunung Arjuna, Gunung Anjasmara, bahkan Waduk Selorejo Malang.Sebenarnya banyak tempat indah disini, tapi tempat favoritnya adalah papan yang disediakan pengelola. Di sana, Anda bisa duduk di papan dengan background perbukitan dan berfoto ria.

Kemudian tempat favorit kedua ada di kawasan pohon pinus. Anda dapat mengambil gambar latar belakang seperti poster film Hollywood, dengan pohon pinus dan beberapa pohon tumbang.Jika Anda datang ke sini, sebaiknya selambat-lambatnya jam 5 sore. Sinar mentari telah mulai lenyap, alhasil gambar yang diperoleh kurang baik. Yang terutama, ini kira- kira mengerikan di kemalaman hutan.

Share this: