April 21, 2021
5 Tempat Wisata di Sekitar Gunung Merbabu Tribun Travel - Tribunnews.com

5 Tempat Wisata di Sekitar Gunung Merbabu

mountgayrumroundbarbadosrace – Gunung Merbabu adalah sebuah gunung yang memiliki dengan dua buah puncak yaitu Puncak Syarif dan Puncak Kenten Songo. Gunung ini yang terletak di sekitaran Semarang, Boyolali, Magelang (Jawa Tengah), Indonesia ini, bagi para pendaki tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Gunung Merbabu. Kebanyakan para pendaki pasti tidak pernah mendaki gunung ini. Gunung yang berada sebuah Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Salatiga, Jawa Tengah ini merupakan sebuah gunung yang lengkap.Dinas Pariwisata Gunung Merbabu sangat cocok bagi yang ingin melepas penat sehari-hari. Jika Anda ke Salatiga dan mencoba mendaki gunung dengan pesona yang begitu menakjubkan, tidak ada salahnya. Dijamin Anda akan mendapatkan kesan dan pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan. Berikut ini 5 Tempat Wisata di Sekitar Gunung Merbabu yang kami rangkum dari berbagai sumber :

5 Tempat Wisata di Sekitar Gunung Merbabu

1. Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng
Java Travel

Taman Wisata Kopeng terletak di lereng bukit dan merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk kota. Kawasan wisata kopeng berada di ketinggian 1.450 mdpl dimana anda dapat menikmati udara sejuk khas pegunungan, secara administratif kawasan wisata kopeng terletak di getasan, lisa, semarang, jawa tengah.Tetapi sebab posisinya yang lebih dekat dengan Salatiga dari Semarang, alhasil banyak orang yang beranggapan kalau wisata Kopeng terdapat di Salatiga.

Taman Wisata Kopeng terletak di kaki Gunung Merbabu, sebuah kawasan dataran tinggi, dengan ketinggian sekitar 1.450 meter. Anda bisa menikmati sejuknya udara pegunungan di sini yang buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga tutup pukul 16.30, dan Anda bisa mengunjungi tempat wisata menarik di Taman Wisata Kopeng setiap hari. Tiket seharga Rp 10.000 dikenakan biaya. Taman Wisata Kopeng menawarkan beragam wahana, mulai dari water park, taman bermain yang cukup luas, camping ground hingga pintu keluar untuk anak-anak dan dewasa. Fasilitas menarik lainnya adalah billiar, ATV, dan dilengkapi dengan restoran, karaoke keluarga dan resort. Jika Anda lebih suka tantangan yang memacu adrenalin, coba gunakan berbagai jenis rubah yang memiliki tinggi hingga 12 meter atau lebih, seperti spider jumper setinggi 20 meter.

Setelah banyaknya aktivitas yang dilakukan di objek wisata ini, kini saatnya wisatawan melanjutkan aktivitas rekreasi mereka sekaligus mengabadikan momen-momen indah. Disini anda bisa bersantai bersama keluarga, sahabat, sahabat dan pasangan anda, menikmati pemandangan indah Pegunungan Merbab, dan anda juga bisa menikmati pemandangan indah Pegunungan Merbab dari Dek Observasi Cobain.Bila Kamu mau meneruskan jalan- jalan bebas, di dekat tempat ini Kamu hendak menciptakan Bukit Harapan Cuntel. Di sini, Anda dapat menikmati suasana alam yang ikonik, di mana pegunungan diatur dengan latar belakang yang indah.Bagi yang suka berwisata, taman wisata Kopeng ini merupakan tempat yang sayang untuk dilewatkan. Tempat ini menawarkan banyak aktivitas menarik dan dilengkapi dengan fasilitas penunjang. Wisatawan tidak hanya bisa berwisata, berfoto-foto lalu pulang, tapi juga memilih dan membeli oleh-oleh yang bisa dibawa pulang ke sini.

2. Ketep Pass

Ketep Pass
Kumparan

Ketep Pass merupakan salah satu tujuan wisata populer di Magelang. Trip ini berlokasi di kawasan Bukit Sawangan Masra di ketinggian 1200, dengan pemandangan Magelang dan sekitarnya yang indah. Wisata Ketep Pass ini juga terletak di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, sehingga pengunjung juga dapat menikmati panorama pegunungan. Bahkan jika Anda berada di puncak tertinggi Ketep Pass, Pelataran Panca Arga, Anda bisa melihat 5 gunung sekaligus. Contohnya termasuk Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Sumbing dan Gunung Slamet. Waktu yang tepat adalah melihat guide 5 gunung ini saat cuaca cerah.Selain wisata alam ini, Ketep pass ini juga menyediakan wisata edukasi tentang Gunung Merapi. Tidak terlalu menarik, selain bisa berwisata juga bisa menambah wawasan dan informasi tentang gunung berapi tersebut. Pengunjung bisa menemukan banyak sekali objek wisata di objek wisata Ketep Pass ini. Sangat cocok untuk kamu yang ingin mencari foto seperti foto gaya folk, foto selfie, foto panorama, dll.

Lokasi : Maps
Jam buka Wisata Ketep Pass : mulai dari hari Senin – Minggu pukul 06.00 -17-00.
Berikut ini adalah harga tiket yang harus dibayarkan saat masuk dan menggunakan fasilitas tertentu yang ada :
-Senin-Sabtu: Rp 10.500 per orang (termasuk asuransi pengunjung)
-Minggu / Hari Libur Nasional: Rp 12.500 per orang
-Tiket Katepu Volcano Theater: Rp 9.000 per orang
-Tiket fasilitas teropong: Rp 5.000
-Tiket untuk turis asing: Rp 50.000 per orang, 60.000 per orang pada hari Minggu dan hari libur. (Tiket internasional termasuk semua fasilitas obyek + minuman ringan / orang gratis)

Selain pemandangan alam yang indah, tempat wisata ketep pass ini juga mempunyai beberapa fasilitas yang menjadi daya tariknya yaitu dapat menikmati alam dan sarana edukasi, diantaranya:
-Gardu Pandang
-Restoran atau tempat makan
-Pengadilan Panca Arga
-Spot teropong
-Museum Vulkanologi bernama Ketep Vulcano Center
-Bioskop mini itu bernama Ketep Volcano Theater
-Gazebo
-kamar mandi
-Tempat parkir Aera
-dan masih banyak lagi

Wisata Ketep Pass yang terletak di Sawangan Magelang, Jawa Tengah menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi karena keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal di kawasan Sawangan juga sangat ramah dengan wisatawan lokal maupun mancanegara.Kota Magelang juga terkenal dengan tempat wisatanya yang indah, seperti Wisata Ketep Pass di Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Wisata Ketep Pass di Sawangan Magelang Jawa Tengah terletak di puncak gunung, bersebelahan dengan dua gunung besar yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Baca Juga :  7 Wisata Bukit Terindah di Indonesia

3. Bukit Grenden Pakis

Bukit Grenden Pakis
Tribun Jateng – Tribunnews.com

Bukit Grenden Pakis ialah darmawisata tidak terjelaskan yang menabur di media sosial, spesialnya di Magelang, Jawa Tengah. Gunung merupakan salah satu tempat wisata yang paling menarik Pemandangan alam di gunung yang berpadu dengan suhu alam yang sejuk juga dilengkapi dengan berbagai atraksi fotografi kekinian.Green Mountaineering merupakan jalur alternatif menuju puncak Merbabu. Memang jalur pendakian tidak sepopuler Santing atau Selo, tapi tempat wisata di kawasan Brenden ini keren. Nama Bukit Grenden tiba-tiba menjadi terkenal di foto-fotonya yang beredar di media sosial, tidak hanya sebagai pilihan para wisatawan, tetapi juga sebagai objek wisata yang bisa dinikmati wisatawan.

Asal muasal nama gunung ini adalah nama desa kecil di lokasi wisata tersebut yaitu desa kecil Glendon di Jawa Tengah, desa Pogalan, Kecamatan Pakis, dan Kabupaten Magelang. Wisata ini berlokasi di kaki Gunung Merbabu.Banyaknya pengunjung saat hari libur merupakan saat hari raya atau akhir pekan. Di bukit ini selain kamar kurcaci dengan spot selfie favorit Gardu Pandang dan Hammock, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam hutan pinus yang menawan.Kamar kurcaci di Green Mountaineering Nature Tour ini menjadi tempat wisata modern yang fashionable dan fashionable lebih dicari oleh anak-anak.Wisata alam ini dibuka pada Juli 2016. Selama ini menjadi tujuan wisata alternatif di wilayah Magelang.

Para wisatawannya sendiri tidak hanya dari kota Magelang saja, tetapi juga dari luar daerah seperti Jogja.Keuntungan lainnya adalah di Gunung Glen pengunjung dapat menikmati nuansa sunset dan sunrise. Selain itu, terdapat beberapa tebing bebatuan yang cocok untuk berfoto ria.Selain itu, itinerary ini termasuk dalam itinerary murah karena wilayahnya juga berada di lereng bukit yang jauh dari perkotaan.Hal yang sama berlaku untuk Atraksi Bulan Sabit. Di sini, Anda akan duduk di bulan sabit dan menikmati pemandangan yang sangat indah. Anda juga akan mendapatkan foto-foto keren. Seolah-olah Anda sedang duduk di langit di bulan baru. Jika Anda pergi dengan pasangan Anda, Spot Love bisa menjadi pilihan Anda. Lambang cinta terbuat dari kayu.

Tempat wisata di Provinsi Jawa Tengah yang dielu-elukan Instagram ini memiliki fasilitas umum yang lengkap. Sebut saja spot foto unik untuk selfie, termasuk fasilitas di Grenden Hill. Untungnya gereja ini juga memiliki fasilitas umum seperti tempat ibadah, toilet bersih dengan air, dan tempat istirahat seperti saung. Pihak pengelola biro perjalanan juga menyediakan lahan parkir yang sangat luas untuk kendaraan. Pengunjung juga bisa menemukan warung makan yang menawarkan berbagai menu untuk menemani perutnya di lokasi ini.Bagi yang ingin berkunjung ke Biro Pariwisata Bukit Greenen (Wisata Bukit Grenden) pasti tidak ada salahnya mengetahui HTM. HTM Bukit Grenden Magelang hanya butuh Rp 5.000.

Anda dapat mengambil foto di tengah simbol atau di sisi kiri dan kanan simbol. Ini adalah keistimewaannya bahwa pepohonan masih bisa dilihat di latar belakang pemandangan. Pada saat yang sama, jika Anda mengambil gambar saat ini, rumah yang terbalik mungkin terlihat berbeda. Rumah bercat biru itu menggantung terbalik dengan latar belakang bukit dan pepohonan. Tempat terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Rumah Kurcaci. Rumah-rumah rendah di Bukit Grenden terbuat dari bambu, dan warna-warna alamnya menyatu dengan lingkungan sekitarnya. Anda juga tidak perlu naik tangga seperti gambar sebelumnya.

4. Agrowisata Stroberi Banyuroto

Agrowisata Stroberi Banyuroto
detikTravel – Detikcom

Kawasan agrowisata Banyuroto ialah kawasan darmawisata berbasis pertanian serta perkebunan, dekat dengan area darmawisata Ketep Pass Sawangan Magelang. Daya tarik utama wisata pertanian ini adalah memetik buah strawberry (strawberry) langsung di kebun, yang bisa dilihat dari pinggir jalan. Keberadaannya sangat diminati banyak wisatawan terutama wisatawan keluarga, karena masih sedikit pemetik buah seperti ini di daerah Magelang dan sekitarnya.Wisata Banyurotto terletak di Sawangan Kabupaten Magelang Di lereng Gunung Merbabu Desa Banyurotto Tengah Jawa.

Merambah gapura masuk Agrowisata Banyuroto, wisatawan hendak melihat kebun strawberry di kiri kanan jalan. Kebun strawberry merupakan milik warga sekitar yang bergerak di bidang penanaman kebun strawberry, karena lahannya cocok untuk ditanami tanaman tersebut. Sebagai referensi, lokasi Agrowisata Banyuroto berada di atas bukit di lereng bukit yang sejuk, cocok untuk perkebunan; untuk berwisata petik strawberry di area Agrowisata Banyuroto, wisatawan dipersilakan untuk singgah di salah satu kebun strawberry milik warga. Ditanam untuk memetik buah. Di area agrowisata Banyuroto , terdapat puluhan kebun c. Beberapa kebun strawberry sangat sempit dan hanya dijadikan sebagai usaha sampingan selain budidaya sayuran, seperti tomat, cabai, sawi dan kubis.

Dari kejauhan anda bisa melihat trip petik strawberry, dimana terdapat kebun petik strawberry, karena terdapat papan nama taman di pinggir jalan dan telah disediakan tempat wisata. Triani Strawberry adalah satu dari puluhan perkebunan stroberi yang menawarkan perjalanan memetik belimbing. Kami tertarik untuk menginap di tempat ini karena kebun strawberry yang luas dan terlihat ramai karena stok strawberry yang sudah melimpah sudah dipanen.Harga tiket Strawberry Ingegit Garden adalah Rp 5.000 per orang (harga sama di akhir pekan atau hari biasa). Tarif parkir kendaraan roda empat Rp 5.000, dan tarif parkir roda dua Rp 2.000. Inggit Strobery Garden buka mulai pukul 08.00-16.00 setiap hari dan buka setiap hari.Fasilitas wisata Strobery Inggit Garden adalah lumayan lengkap, partner. Karena sudah ada kamar mandi, WC, mushola, rest area / paviliun, area masak strawberry, area parkir yang luas, dll.

Daya tarik dari kebin stroberi ini adalah pengunjung bisa memetik stroberi berapapun jumlahnya mulai dari Rp. 15.000 IDR per 100Gr pada hari libur dan 10.000 INR per 100Gr pada hari kerja, jadi harga tiket berbeda dari harga petik stroberi. Oleh karena itu, jika Anda hanya sekedar berfoto di bawah kebun strawberry atau gunung Merapi, maka konsep wisata Inggit Strawberry Farm berbeda dengan kebun petik strawberry di Padusangpasic atau kebun strawberry di Malang.Selain memetik strawberry, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam dan udara sejuk khas Pegunungan Vélilang. Setiap sudut kebun strawberry ini juga memiliki spot fotografi yang bagus, jadi kamu bisa berfoto di lokasi yang indah ini.

Baca Juga : 6 Tempat di Seoul yang Instagramable

5. Top Selfie Pinusan Kragilan

Top Selfie Pinusan Kragilan
Ardian Kusuma

Top Selfie Pinusan Kragilan merupakan salah satu tempat wisata di Magelang yang paling populer yang terletak di lereng Gunung Merbabu. Keunikan dari tempat wisata ini adalah di tengah pemandangan alam yang hijau terdapat berbagai spot fotografi kekinian, selain itu udara pegunungan di kawasan wisata ini sejuk dan banyak dikunjungi wisatawan setiap harinya. Pemandangan indah hutan pinus bisa juga anda kagumi di hutan pinus Magelang Obyek wisata yang dibuka pada bulan Mei 2015 ini di kelola oleh warga sekitar menjadi salah satu tempat seru untuk mencari foto-foto modern. Nama Best Selfie sangat menyesuaikan dengan tema tempat wisata, dimana terdapat banyak spot foto unik dan dapat diupload untuk semua kalangan.

Top selfie Wisata Alam Pinusan Gragilan ini awalnya bukan tempat wisata, melainkan hutan pinus yang dikelola oleh Perum Perhutani. Hutan ini terletak di lereng bukit, jadi Anda tidak bisa melihatnya dari jalan raya. Untuk mencapai tempat ini, Anda harus berkendara menyusuri jalan hutan yang terbuat dari beton dengan lebar yang cukup sempit. Sebelumnya Top Selfie hanya menyediakan gardu pandang yang mirip dengan wisata bukit lainnya. Seiring berjalannya waktu, menyebar di beberapa media sosial, dan akhirnya tempat itu ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya.

Hal ini akhirnya menyadarkan masyarakat sekitar akan keindahan tempat ini dan potensi alam yang dimilikinya. Dengan meminta izin dari kantor Perhutani, akhirnya masyarakat setuju untuk mengelola tempat tersebut sebagai objek wisata. Hutan pinus Gragilan membagikan panorama alam yang menarik lewat batang pohon pinus yang teratur rapi . Lingkungan sekitarnya sangat asri, ditambah dengan angin sepoi-sepoi yang sejuk. Jika wisatawan datang ke sini pada pagi atau sore hari, belum cukup menarik minat mereka. Pasalnya, sinar matahari yang memancar dari samping dan menembus daun dan batang pohon pinus menghasilkan cahaya.

Untuk menunjang kegiatan fotografi wisatawan, Pinusan Kragilan Top Selfie menyediakan banyak spot foto untuk dinikmati, antara lain: spot panggung, hammock, sepeda gantung, dan ayunan sayap. Spot foto menarik lainnya di Top Selfie Pinusan Kragilan juga bisa kamu manfaatkan, antara lain jembatan gantung, telepon ala London, monas bambu, foto dengan burung hantu, taman cinta, dan rumah kayu. Sementara itu, fasilitas lain yang bisa digunakan pengunjung antara lain area parkir yang luas, toilet / toilet umum, banyak warung makan, tempat sampah dan jasa foto, yang bisa membantu Anda mengabadikan momen tempat ini kapan saja.

Share this: