July 29, 2021
5 Tempat Wisata Sekitar Gunung Ijen Banyuwangi KSMTour

5 Tempat Wisata Sekitar Gunung Ijen Banyuwangi

mountgayrumroundbarbadosrace – Gunung Ijen ini adalah sebuah gunung berapi yang terletak pada sebuah perbatasan antara Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi di Jawa Timur, Indonesia. Dan Gunung ini berada tepat pada ketinggian 2.386 meter di atas permukaan laut, dan juga bersebelahan dengan Gunung Merapi. Dan untuk letusan sebuah Gunung Ijen ini terakhir terjadi pada 1999. Salah satu fenomena alam Gunung Ijen yang paling terkenal adalah nyala api biru (blue flame) dari kawah yang terletak di titik tertinggi kawah. Anda bisa mulai mendaki dari dua tempat. Pendaki bisa mulai dari Banyuwangi atau Bondowoso.

Dekat dengan Selat Bali, sebagian besar pengunjung lewat tepat sebelum melintasi Pulau Dewata. Jika ada waktu, silahkan singgah dan menginap sejenak untuk menjelajahi kota kecil bernama Java Sunrise ini. Dari dataran rendah hingga dataran tinggi, pegunungan dan pantai, serta situs sejarah dan situs purbakala lainnya, wilayahnya sangat beragam. Berikut ini 5 Tempat Wisata Sekitar Gunung Ijen Banyuwangi yang kami rangkum dari berbagai sumber :

5 Tempat Wisata Sekitar Gunung Ijen Banyuwangi

1. Taman Sritanjung

Taman Sritanjung
BANYUWANGI BAGUS

Salah satu ciri khas kota banyuwangi ini memang sangat cocok bagi yang tinggal di luar banyuwangi atau banyuwangi apalagi yang ingin mencari suasana baru dari tempat wisata alam dengan berpindah ke tempat wisata yang ada di tengah kota seperti taman sri tanjung. Sri Tanjung). Nongkrong atau ngobrol bareng keluarga atau teman, atau memang pengen banget tau Kota Banyuwangi. Selain itu lokasinya yang memudahkan wisatawan untuk singgah, membuat taman ini sering dikunjungi wisatawan. Belum lagi penambahan bangunan yang berisi sejarah kawasan Taman Sri Tanjung.

Taman Sri Tanjung (Taman Sri Tanjung) sendiri terletak di kawasan yang dahulu dikenal dengan “Sistem Pemerintahan Macapat”, yang didasarkan pada sistem tata kota keempat kota, pusat kota terletak di pusat kota, dan memiliki jumlah fasilitas tambahan di kota. Bentuk arsitektur penting, seperti istana, tempat ibadah, penjara, dan pasar di empat penjuru utama diwakili oleh empat kotak. Pada awal tahun 2000-an, Taman Sri Tanjung sudah dikelilingi oleh pohon beringin berukuran besar. Selain itu, di tengah taman terdapat kolam yang mengelilingi replika Piala Adipura berukuran besar.

Nama Sri Tanjung sendiri diambil dari sebuah legenda turun-temurun di Banyuwangi yang menceritakan tentang cinta dan kesetiaan Sri Tanjung dan Sidopekso. Bahkan tidak jauh dari taman tersebut terdapat Sumur Sri Tanjung yang dianggap memiliki kekuatan magis yang istimewa, misalnya jika sumur ini mengeluarkan aroma yang harum, artinya jika hal tersebut terjadi maka akan terjadi hal-hal baik, berbau atau amis. Rasanya akan membusuk. Percaya atau tidak, semuanya tergantung Anda.Letaknya yang berada di tengah kota membuat taman ini seakan memiliki fasilitas taman yang bagus, dimulai dari jogging track dan berputar-putar di sepanjang Taman Sri Tanjung.Batu pantulan terletak di tengah-tengah jogging track. Sangat cocok dikatakan bahwa Anda ingin berjalan tanpa alas kaki, karena batu ini dapat meningkatkan sirkulasi darah Anda.

Anda tidak perlu khawatir tentang pembersihan, karena taman memiliki staf penuh waktu yang siap untuk membersihkan tempat-tempat kotor. Meski begitu, Anda harus turut menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.Kemudian di tengah Taman Sri Tanjung terdapat miniatur amfiteater tepatnya di sebelah air mancur, yaitu panggung kecil yang biasa digunakan warga sekitar untuk pentas seni. Taman Sri Tanjung ramai dikunjungi wisatawan tidak hanya pada pagi atau siang hari tetapi juga pada sore hari. Anda juga bisa menemukan banyak pedagang yang tertata rapi di sekitar taman. Tentunya di taman ini banyak terdapat bangku dan tempat duduk, bahkan ada yang berada di bawah pepohonan yang rindang.

Berburu foto di tempat ini pasti akan menyenangkan, kamu bisa leluasa berfoto bersama teman-teman dengan latar belakang air mancur atau pepohonan dan tanaman hias yang indah. Potret diri juga diperbolehkan, tidak ada yang melarang selfie. Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan pemandangan dari sekitar kawasan Taman Sri Tanjung, termasuk jalan raya bahkan bangunan bersejarah di sekitarnya.Anda juga bisa menikmati pemandangan indah di malam hari karena memang area di sekitar taman yang dihiasi dengan penerangan lampu, dan terdapat juga lampu jalan raya.

Baca Juga : 8 Kawah Paling Indah di Indonesia

2. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung
KSMTour

Pantai Plengkung adalah salah satu pantai paling pasang surut di dunia dan merupakan surga bagi para peselancar lokal dan internasional. Di pantai ini, ombak bisa mencapai ketinggian empat hingga delapan meter dalam susunan tujuh gelombang, hingga maksimal dua kilometer. Pantai dengan ciri khas tersebut hanya ada di beberapa negara saja, seperti Hawaii, Australia, dan Afrika Selatan.
Lokasi: Maps
Jam operasional: setiap hari pukul 07.30-16.00 WIB.
Harga: wisatawan lokal dikenakan harga Rp15 ribu sedangkan wisatawan asing seharga Rp150 ribu.

Pantai Plengkung terletak di sebelah tenggara Pulau Jawa, tepatnya di pesisir selatan Pulau Jawa berseberangan dengan Samudera Hindia, sehingga Pantai Plengkung merupakan pantai yang sangat bergelombang. Gelombang yang besar diperoleh dari sebuah sistem yang bertekanan rendah dan yang biasanya dari benua selatan yaitu Antartika. Pantai Plengkung ini juga terletak tepat pada sebelah timur disebuah Teluk yang bernama Grajagan, sehingga ombak lebih dominan di sisi kanan Pantai Plengkung. Gelombang panjang bubuk len ramping dan berkecepatan tinggi. Ombak di Pantai Plengkung hampir berbentuk tabung sempurna sehingga menjadi favorit para pecinta selancar.Angin lepas pantai bertiup dari Plengkung dari bulan April hingga September. Ini mengakibatkan gelombang terbesar dalam beberapa bulan terakhir. Pada saat ini, gelombang masuk secara bertahap, masing-masing berlangsung selama beberapa hari, dan interval antara setiap gelombang adalah beberapa hari. Ombak cenderung menjadi lebih besar dan lebih baik saat air pasang, jadi waktu terbaik untuk merencanakan perjalanan selancar adalah satu minggu setelah bulan purnama atau bulan baru, karena pasang naik setengah hari pada waktu tersebut.

Bahkan banyak peselancar kelas dunia yang bercanda menyebut “Seven Waves Wonder” di pantai ini, dan merupakan salah satu dari tujuh tujuan selancar terbaik di dunia. Di pantai ini telah diadakan beberapa kompetisi selancar dunia, salah satunya adalah Quiksilver Pro Surfing Championship. Kejuaraan tersebut diadakan pada tahun 1995, 1996 dan 1997. Untuk bisa menikmati ombak di pantai ini, silahkan berkunjung dari bulan Juli hingga September setiap tahunnya, karena pada bulan-bulan tersebut ombak di pantai ini saat ini menjadi tempat terbaik untuk berselancar.Ada empat macam ombak di pantai Teluk P Powder (Plengkung Banyuwangi). Peselancar menyebut ombak terkecil sebagai “ayam”, lalu “cepat” dan “pohon monyet”. Gelombang terbesar disebut “lubang”. Fasilitas yang tersedia di pantai ini juga sangat melimpah. Mereka yang tidak membawa papan selancar juga bisa menyewanya. Anda juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam di pantai ini.

3. Desa Taman Sari

Desa Taman Sari
Kompas Regional

Desa Tamansari merupakan salah satu tujuan wisata di Banyuwangi yang paling populer dan populer, layak dikunjungi pada saat weekend dan hari libur nasional.Banyuwangi merupakan salah satu kota yang memiliki banyak tempat wisata, saat ini penduduk lokal maupun mancanegara semuanya sangat ramai dikunjungi. Kawasan Banyuwangi terkenal dengan kawah Ijennya di seluruh dunia yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta travelling. Taman Tamansari Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang sering dikunjungi dan mendapat sambutan hangat di Banyuwangi.

Desa Tamansari merupakan bagian kecil dari Banyuwangi yang memiliki sumber daya manusia yang luar biasa. Di desa ini kita bisa melihat bahwa Tuhan menciptakan desa ini dengan sikap yang ikhlas.Nuansa pegunungan memberikan rasa tenang dan nyaman kepada masyarakat, seolah mengingatkan kita akan kenyamanan rumah yang kita tinggali. Katalog tersebut menunjukkan bahwa mata pencaharian sebagian besar penduduk Desa Tamansari Bayuwangi pada umumnya masih bergantung pada sektor informal, dan pada sektor formal, petani dan pengusaha perkebunan berada di bawah naungan Bumdes atau disebut usaha warga desa.

Bumdes di Desa Banyuwangi Tamansari berdiri pada tanggal 16 Februari 2015. Semua pelaku usaha yang ada di desa tersebut dapat membantu mengelola sektor komersial yang dikelola oleh masyarakat. Tempat di mana bidang usaha itu dijalankan, misalnya bidang pariwisata. Dinas bisnis pariwisata di kawasan ini mengelola sekitar 53 keluarga homestay, penggajian di kawasan wisata, rumah-rumah yang ambruk, tamasya ke resor wisata Seruni di Sendang, dan paket wisata dewi menari yang menyajikan pertunjukan budaya dan keindahan alam. Mampu hidup dengan caranya sendiri tanpa bergantung pada siapapun. Di desa ini kita akan diajak untuk pergi berlibur dan menyatu dengan alam.Konsep liburan disini akan membawa kita pada rasa syukur yang nyata.

Baca Juga : Pesona Wisata Bunga Sakura Di Dunia Yang Mengaggumkan

4. Air Terjun Kampung Anyar

Air Terjun Kampung Anyar
travel.kompas.com

Wisata Air Terjun Kali Pahit Bondowoso adalah salah satu tempat wisata alam yang terletak di Desa Kamuyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso di Provinsi Jawa Timur. Kantor Wisata Air Terjun Kalipahit Bondowoso merupakan tempat wisata yang ramai pada hari biasa maupun akhir pekan atau hari libur. Tempat ini sangat indah dan dapat memberikan suasana yang membuat aktivitas kita sehari-hari membosankan.Meski orang mengira harga tiket Wisata Air Terjun Karipahit Bundovoso sangat murah, mohon jangan salah paham akan pesona indah yang ditawarkan Pulau Kali wisata air terjun Pahit Bondowoso. , ini bukanlah hal yang murah. Sayangnya, jika Anda sedang berada di Bandovoso, alih-alih mengunjungi pemandangan alam, pemandangan alam tersebut memiliki keindahan dan pesona yang tak tertandingi.
Wisata Kampung Anyar (Kampung Anyar) merupakan pilihan yang indah, sangat cocok bagi semua yang berkunjung ke tempat wisata Air Terjun Kampung Anyar (Air Terjun Kampung Anyar) di kota Banyuwangi. 29 Daftar Tempat Wisata di Banyuwangi Jawa Timur. Dimana letak Air Terjun Kampong Anya? Seperti yang telah disebutkan di atas, di Desa Kampung Anjar, Desa Taman Sulu, Desa Taman Sulu, Kecamatan Graga, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Air Terjun Kampung Anyar Banyuwangi menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi karena pesona indahnya tidak ada duanya. Penduduk lokal di kawasan Banyuwangi sangat ramah dengan wisatawan maupun wisatawan luar kota, bahkan wisatawan dari mancanegara.Kota Banyuwangi juga terkenal dengan Air Terjun Kampung Anyar.Berada di kawasan Kampung Anyar, sederet air terjun cantik menanti untuk dijelajahi. Sebut saja Jagir. Uniknya, mata air di sini bukan berasal dari sungai, melainkan dari celah-celah tebing. Penduduk setempat menamainya Jagir, Pawon dan kakek buyut Ijah. Tepat di bawah air terjun terdapat sebuah kolam renang yang biasa digunakan sebagai tempat berenang atau berendam. Jika datang ke kawasan Kampung Anyar, jangan puas bermain airnya.

Tebing yang indah, hingga panorama Kethegan. Pesona air terjun yang ada di kawasan Kampung Anyar tentunya akan memberi Anda perspektif lain untuk mengapresiasi keindahan air terjun tersebut.Air Terjun Kampung Anyar Banyuwangi bisa dikatakan sebagai objek wisata alam yang lengkap.Fasilitas dan pelayanannya antara lain:
-tempat parkir
-Ruang doa
-Kamar Mandi / MCK
-Restoran
-Dan banyak lagi

5. Pantai Boom

Pantai Boom
iBisnis

Pantai Boom merupakan sebuah tempat wisata yang pantainya ada di kabupaten Banyuwangi. Kota Banyuwangi ini merupakan sebuah kota yang berada di wilayah provinsi Jawa Timur. Pantai Boom merupakan salah satu destinasi wisata favorit warga kota Banyuwangi. Boom Panti sebenarnya memiliki pemandangan yang sangat indah dan memiliki nilai sejarah yang penting. Semenjak tahun 2014, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi berniat buat tingkatkan kemampuan Pantai Boom jadi salah satu destinasi wisata harapan Banyuwangi.

Tiket masuk : sebesar Rp. 10.000,- per orang
Jam kerja Boom Marina Beach dibagi menjadi:
-Weekdays (Senin sampai Jumat) buka dari 05.00 sampai 21.00
-Untuk akhir pekan (Sabtu dan Minggu), jam kerja adalah dari 04.30 sampai 22.00

Fasilitas di Boom Marina Beach sangat lengkap, semua yang anda butuhkan ada disini. Ini ditunjukkan oleh:
-Area parkir yang luas
-Kamar mandi atau toilet
-Mushola
-Warung makan dan minuman
-Restoran mewah dengan standar internasional
-Akomodasi atau liburan
-Camping area
-Spot Foto
-Area bermain anak-anak

Tempat wisata di Pantai Boom sangat menarik. Wisata pantai yang ada di Kota Banyuwangi ini banyak sekali, salah satunya adalah Boom Pantai yang mudah seklai unutk dijangkau sehingga ini akan menjadi tujuan para anak muda untuk berkumpul di Banyuwangi. Pantai Kemakmuran dulunya adalah pelabuhan, namun aktivitas pelabuhan tetap ada, namun tidak terlalu ramai. Ada terminal pelabuhan, bekas gudang dan pelelangan ikan yang ditinggalkan. Biasanya, dermaga tersebut diperuntukkan bagi wisatawan untuk memancing.Pantai Boom juga memiliki tugu Inkai, yang dibangun untuk memperingati tragedi Innkai, yaitu pada tahun 1982, ketika ombak menelannya dan menyebabkan hilangnya siswa karate.

Ada pula makam pahlawan Helaga Homestead yang pernah digunakan sebagai tempat peristirahatan pasukan ALRI yang gugur dalam pertempuran dengan Belanda. Di tempat wisata ini wisatawan juga bisa menikmati keindahan menunggang kuda di pinggir pantai. Pantai Boom juga dilengkapi dengan deretan kursi dengan payung lebar sebagai fasilitas bagi wisatawan. Inilah yang membuat pantai ini menarik.Hal yang sama juga terjadi pada pawai Gandrung Sewu di Pantai Boom Banyuwangi, di mana 1.000 penari menari di atas pasir Pantai Boom setiap tahun. Selain itu pemandangan sunset disana juga sangat menawan dan memabukkan.

Share this: